Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Warna Batik yang Bagus dan Cerah? Ini Dia Tips Memilihnya!

Warna Batik yang Bagus dan Cerah? Ini Dia Tips Memilihnya!
Warna Batik yang Bagus dan Cerah? Ini Dia Tips Memilihnya!

Warna Batik yang Bagus dan Cerah

Batik, sebagai ikon busana negara Indonesia, mempunyai beragam motif dan warna yang mempesona, sampai-sampai Anda mungkin merasa bingung mau membeli yang mana karena setiap batik pasti punya daya tariknya tersendiri. Artikel ini akan membantu Anda dalam memilih warna batik yang bagus dan cerah saat Anda berbelanja batik.

Tips-Tips Menentukan Warna Batik yang Bagus dan Cerah

Anda sekalian yang menggemari topik busana pasti bertanya, warna batik apa yang bagus untuk saya? Baju batiknya bisa dipadu dengan pakaian lain atau tidak? Nah, pada bagian ini, kita akan membahas tips-tips dalam memilih warna batik yang bagus dan cerah untuk gaya busana Anda.

1. Perhatikan warna dominan batik

Setiap jenis batik memiliki warna dasar yang lebih dominan daripada warna lainnya sebagai patokan Anda ketika berbelanja batik. Utamakan warna batik yang cerah seperti merah, kuning, atau biru langit agar batik bisa dipadu dengan pakaian lain yang warnanya lebih gelap seperti celana katun hitam atau celana cargo.

2. Tentukan tampilan busana Anda

Jika Anda ingin membeli batik untuk situasi formal, Anda dianjurkan membeli batik yang warnanya terang seperti biru langit atau ungu muda agar Anda terlihat rapi dan berkelas. Jika batik tersebut untuk acara kasual, Anda bisa membeli batik dengan warna orange, kuning, atau coklat muda agar tampak santai.

3. Ketahui jenis bahan batik tersebut

Jika Anda mencari batik yang berkualitas tinggi, Anda disarankan untuk membeli batik berbahan kain paris yang terksturnya lembut dan jatuh / downy, atau kain sutra yang bersifat fleksibel, halus, dan tidak mudah robek. Batik yang menggunakan kain-kain jenis ini cenderung memiliki warna yang terang / solid serta tidak mudah luntur.

Macam-Macam Batik di Indonesia

Ketika Anda sedang sibuk menentukan warna batik yang bagus dan cerah untuk pilihan busana sehari-hari Anda, bisa jadi sebagian dari Anda kebingungan dalam menentukan pilihannya. Oleh karena itu, mari kita perhatikan dulu macam-macam motif batik yang tersedia di pasaran Indonesia.

1. Batik Mega Mendung

Ini adalah batik khas Provinsi Cirebon, nama Mega Mendung berarti awan yang sedang meredup, karena batik ini menggunakan tujuh gradasi warna biru yang melambangkan 7 lapis langit di atas bumi.

2. Batik Parang Kusumo

Batik asal Solo ini mempunyai motif yang mirip gulungan ombak yang menghantam tebing di pantai. Filosofi dibalik motif batik berwarna putih dan coklat muda ini ialah kemakmuran lahir batin yang hanya bisa dicapai melalui perjuangan dan kerja keras.

3. Batik Sidomukti

Satu lagi batik khas Provinsi Solo yaitu batik Sidomukti, yang dilukis menggunakan zat pewarna coklat bernama soga alam. Warna coklat pada batik ini, ditambah warna kuning tua dan biru, mengandung filosofi menjaga nilai-nilai kemuliaan dan kesejahteraan manusia.

4. Batik Tujuh Rupa

Inilah batik kebanggaan warga kota Pekalongan. Motif batik Tujuh Rupa asal pekalongan ini biasanya menggunakan hewan atau tumbuhan dalam desainnya. Motif batik ini melambangkan ikatan kebudayaan masyarakat dengan leluhurnya. Batik ini menggunakan perpaduan unik antara warna orange, biru, ungu, coklat, dan merah muda.

5. Batik Priyangan

Tasikmalaya juga memiliki motif batik khas daerahnya, yaitu batik Priyangan. Batik ini memiliki desain yang rapat, rapi, dan berwarna biru ditambah hitam dan abu-abu yang melambangkan kesederhanaan dan keterbukaan dalam hidup.

Masih banyak lagi macam-macam motif dan warna batik yang bagus dan cerah yang ada di Indonesia, tetapi apabila Anda punya pilihan tersendiri dalam warna batik kesukaan Anda, itu tidak masalah.

Itulah cara-cara memilih warna batik yang bagus dan cerah yang bisa kamu terapkan. Apakah Anda sudah menentukan mau membeli batik yang seperti apa? Selamat mencoba!

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

6 komentar untuk "Warna Batik yang Bagus dan Cerah? Ini Dia Tips Memilihnya!"

  1. Warna domain emang pertama aku pilih. Aku suka warna kuning gtu. Aku jadi paham tentang batik nih

    BalasHapus
  2. wahs aya suka juga pakia batik, apalagi yang cerah, bikin kulit makin seger dan enak dilihatnya. tapi suka juga pakai yang gelap tergantung motif

    BalasHapus
  3. Jadi nggak boleh sembarangan asal pilih motif batik ya, bu. Keren tipsnya buat aku yg awam soal motif batik hihi..

    BalasHapus
  4. Yeess betul kalau batik itu nggak selalu identik dengan warna-warna gelap. Cerah tetep sah kok!

    BalasHapus
  5. Ternyata ada tips tertentu ya untuk memilih warna batik. Btw dari artikel ini juga jadi tahu beberapa jenis batik yang ada di Indonesia. Saya gak terlalu hapal sih jenis-motif-motif batik, saking banyaknya ya tapi banggalah dengan Indonesia yang kaya akan batik.

    BalasHapus
  6. keluargaku ada yang mendalami batik tulis, happy ya kalau bisa membuat batik sendiri dengan warna dan corak yang disukai

    BalasHapus