Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyikat Gigi Anak Tanpa Membuat Anak Trauma

Cara Menyikat Gigi Anak Tanpa Membuat Anak Trauma

Cara Menyikat Gigi Anak

Siapa nih yang jadi temennya Bumin, menghadapi perkara sulitnya menyikat gigi si kecil. Kadang pusing banget dengan perkara cara mengajarkan anak menggosok gigi. Daripada bingung gak jelas, jadi akhirnya Bumin lihat di beberapa rujukan cara menyikat gigi yang benar terutama untuk usia newborn hingga kids.

Mengapa? Karena banyak banget nih kebetulan teman Bumin yang bertanya, “Bu, gimana sih cara menyikat gigi bayi?” “Bu, gimana sih cara menggosok gigi yang benar untuk anak sd?”

“Bu, ada gak sih gambar cara menggosok gigi yang benar untuk anak sd?” “Bu, apakah cara menyikat gigi anak dan gigi dewasa sama?” Ah pokoknya banyak banget deh yang nanya begitu sama Bumin sampe ada juga pertanyaan:

“Bu, cara menggosok gigi yang benar untuk anak sd brainly dong!” Ada juga yang tanya, “Bu, cara menggosok gigi yang benar menurut depkes dong!” atau “Bu, cara menggosok gigi yang benar untuk anak sd pdf dong!”.

Wah kalau yang dua pertanyaan terakhir sih Bumin tebak itu pasti bukan emaknya yang nanya, tapi anaknya yang lagi sekolah yang nanya, hehe... Tapi tenang, pasti Bumin jawab karena Bumin sudah baca di beberapa rujukan. Yuk langsung aja kita simak ulasan Cara Menyikat Gigi Anak Tanpa Membuat Anak Trauma ini.

Cara Menyikat Gigi Bayi

Perlu diketahui dulu sebelumnya bahwa menyikat gigi anak bisa dilakukan sejak dini. Caranya juga mudah sekali yaitu dengan menggunakan waslap bersih atau kain kassa steril yang diberi air hangat.

Usap perlahan bagian mulut dan gusi si kecil dengan alat tersebut setelah Buibu menyusui si kecil dan lakukan secara rutin sampai kebiasaan ini dapat diterima oleh si kecil.

Anak tentu akan trauma jika kita memaksanya, oleh sebab itu lakukan sejak dini dan perlu juga melihat kondisi mood si kecil. Jangan sampai si kecil diajarkan pas lagi tantrum atau menangis, ya yang ada malah gak mau sikat gigi Buibu, ya kan?

Cara mengajak si kecil juga bisa lho dengan menonton video edukasi terkait menyikat gigi. Tanyapepsodent.com sangat aware akan hal ini dengan menyediakan daftar putar YouTube Adventures of Little Brush Big Brush untuk mengajarkan si kecil cara tepat dalam menyikat gigi.

Cara Mengajarkan  Anak Menggosok Gigi

Nah, ketika gigi anak sudah mulai tumbuh satu persatu. Sebaiknya Buibu perlu memilih sikat gigi yang berbulu lembut dengan pasta gigi khusus anak-anak. Untuk usia anak 1-3 tahun, pasta gigi yang digunakan kurang lebih sebesar biji beras.

Sedangkan untuk usia anak 3-6 tahun, pasta gigi yang digunakan kurang lebih seukuran kacang polong. Terakhir untuk usia anak 4-6 tahun adalah agak besar dari ukuran kacang polong.

Hunting Sikat Gigi Favorit Si Kecil

Jangan lupa ya Buibu, sebelum menyikat gigi, pastikan ajak si kecil untuk mencari sikat gigi yang ia sukai, sehingga akan memotivasi si kecil untuk lebih rajin dalam menyikat gigi.

Sampaikan juga pada si kecil  bahwa sebaiknya kegiatan ini dilakukan dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur bukan saat mandi pagi dan sore.

Tahapan Menyikat Gigi

Ajarkan si kecil untuk memiringkan sikat gigi tersebut hingga membentuk siku atau posisi 45 derajat sehingga bulu sikat menghadap ke arah gusi gigi baik yang atas maupun yang bawah.

Lalu contohkan gerakan melingkar dari gigi geraham atau gigi depan di salah satu sisi mulut serta sapuan pendek seukuran gigi anak.

Lakukan juga gerakan tersebut pada setiap permukaan luar maupun dalam seluruh gigi selama 20 detik untuk setiap gigi. Selain menyikat gigi, membersihkan lidah juga dianjurkan agar dapat menghilangkan bakteri serta kotoran sisa makanan yang mungkin saja masih menempel.

Setelah proses menyikat gigi usai, maka akhirilah proses tersebut dengan berkumur dan ajarkan si kecil untuk tidak menelan air. Jika si kecil belum bisa membuang air sisa berkumur, maka sebaiknya yang perlu dilakukan oleh Buibu adalah memberikan air matang untuk si kecil berkumur.

Beri Apresiasi

Terakhir, jangan lupa beri apresiasi pada si kecil yang berhasil menyikat giginya baik dengan pujian, ucapan, atau pun hadiah kecil lainnya. Buibu juga bisa menemani si kecil menyikat gigi dengan melakukan ritual menyikat gigi secara bersama-sama.

Nah itu dia ulasan cara menyikat gigi anak tanpa membuat anak trauma. Untuk artikel berbahasa inggris terkait ulasan ini akan Bumin posting besok ya. Sekian! Semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

26 komentar untuk "Cara Menyikat Gigi Anak Tanpa Membuat Anak Trauma"

  1. Pengalaman pertama menggosok gigi pasti menyenangkan bagi si kecil ya kak. Biasanya sih dikasi sikat gigi yang motifnya lucu lucu langsung seneng

    BalasHapus
  2. Ingat banget dulu pas milih sikat gigi, harus ikut milih, nggak mau dipilihin wkwkkw
    Terus yg sikat giginya tu ada kepala karakter dr film yang disuka juga

    BalasHapus
  3. Iya pas masih belum ada giginya masih sering di waslap gusinya pake air anget. Kalau anak-anak ngga dibiasain gosok gigi takutnya bikin karies juga..

    BalasHapus
  4. Anakku semua semangat kalau sikat gigi. Alasannya satu, semakin rajin mereka sikat gigi, maka akan semakin cepat beli sikat dan pasta gigi baru :)

    BalasHapus
  5. Dulu jadi inget salah kayaknya caranya sampai si kecil usia 9 bulan gak mau sikat gigi. Dia 6 bulan kan udah tumbuh, jadi udah banyak tuh pas 9 bulan. Disikat pakai silikon gitu nolak. Tapi Alhamdulillah sekarang suka sikat gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana nih bun biar bisa gak nolak sikat gigi akhirnya? sharing dong...

      Hapus
  6. Anakku malah hobi banget sikat gigi, tapi masih suka-suka nyikatnya. Kalau diarahkan cara yang bener, malah ngambek, wkwk. Alhasil sikatnya cepat rusak, karena lebih sering digigitin daripada buat nyikat, hihi.

    BalasHapus
  7. wah penting banget ternyata bikin anak enjoy sikat gigi biar jd rajin ya, karena kalau sampe trauma jadi susah lg ngebiasainnya hihi

    BalasHapus
  8. Menyikat gigi untuk anak memang harus ada tehniknya ya. jangan asal semau kita, biar anak pun enjoy dan nyaman dengan rutinitas menyikat gigi.

    BalasHapus
  9. wah menarik tip langkah langkahnya mbak, aku juga melakukan beberapa tahapan di atas tapi gak semua sih. heheh khususnya yg 45 derajat aku. baru tahu hehhe

    bisa nih aku putarin ntar vidionya. anaku kadang sikat giginya hanya bsgian depan saja hahaha

    BalasHapus
  10. Anaku seneng nih kalo udah sikat gigi, haha.. beberapa tips di atas aku pernah coba beberapa.

    BalasHapus
  11. Mengajarkan sikat gigi pada anak butuh kesabaran dan ketelatenan yah bund, tipsnya sangay bermanfaat nih

    BalasHapus
  12. ah nyuruh anak gosok gigi dengan rutin ini memang sesuatu banget, butuh perjuangan. Tapi satu yang terlupakan, reward atau apresiasi berupa hadiah, biar mereka jadi semangat dna terbiasa.

    BalasHapus
  13. Anakku juga seneng banget kalau disuruh sikat gigi. Tapi kalau mood-nya jelek dia ngambek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau kasih tips juga biar anak rajin sikat gigi: ajak dia pilih & beli sikat n pasta gigi sendiri

      Hapus
  14. jadi ingat anakku waktu pertama belajar sikat gigi. Dia senang banget setiap kali diajak sikat gigi

    BalasHapus
  15. bener ini, ajari anak sikat gigi penting dilakukan sejak dini, Dokter gigiku pun bilang ketika anak udah tumbuh gigi udah bisa itu dikenalkan dengan bersihkan gigi.
    ini anak-anakku juga sekarang happy klo diajak sikat gigi :)

    BalasHapus
  16. Gampang - gampang susah memang ngajarin anak sikat gigi, dari gak tau harus gimana sampai gak mau pake pasta gigi padahal rasa strawberry. Kilan bahkan gak mau sikat gigi pake pasta sampai sekarang, gpp lah ya bertahap. Kalau kakaknya udah semangat dari dulu sih, gara gara dibeliin sikat gigi yabg lucu dan ada hadiahnya, hehe

    BalasHapus
  17. Masalah sikat gigi anak emang agak tricky ya, kalau ga disikat ya jadinya rawan keropos. Jadinya emang kita kudu banget punya cara jitu agar anak mau nyikat gigi.

    BalasHapus
  18. Allhamdulilah dapet tips sikat gigi yang baik buat anak. Bekel nih Mom kalau punya aanak nanti

    BalasHapus
  19. Kalau anak-anak saya Alhamdulillah ga terlalu susah disikat giginya, tapi kalau ama yang lain mereka ogah😅

    Apalagi yang adik, giginya harus ekstra dibersihkan karena banyak sisa nasi di bagian gusinya, selalu nempel di situ :)

    BalasHapus
  20. wah ilmu baru buat saya mimin, tar kalau punya baby bisa terapkan cara menyikat gigi anak seperti ini, izin save ya admin

    BalasHapus
  21. dulu pas bayi malah nggak pernah sikat gigi, karena masih belum makan manis2 bnyk.. hihi.. ternyata bisa pake waslap ya

    BalasHapus
  22. hahaha jadi inget dulu ngajarin sikat gigi awalnya pake semacam tisu brush gitu.. skr uda gede anak-anakku giginya pada renggang jadi nggak banyak yg nyelip

    BalasHapus
  23. Aku masih kesulitan ngajarin kumur anak nih, masih suka ditelen airnya

    BalasHapus
  24. sebellumnya kita kasih tahu kenapa harus membersihkan gigi itu juga penting nih. nah di usia 2 tahun yang terpenting itu ngajarin kumur2 biar ga ketelen airnya hee

    BalasHapus