Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Fasilitas Pondok Pesantren Tebuireng, Ada Apa Saja?

Fasilitas Pondok Pesantren Tebuireng, Ada Apa Saja?
Fasilitas Pondok Pesantren Tebuireng, Ada Apa Saja?

Fasilitas Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok Pesantren Tebuireng adalah pondok pesantren tertua yang terletak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pondok pesantren Tebuireng telah memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan Islam. Kini pondok tersebut dikenal sebagai pesantren modern dan pesantren terbaik di Jawa Timur, Fasilitas pondok pesantren Tebuireng pun sangat lengkap. 

Anda tidak perlu risau untuk menempuh pendidikan disini sebab pondok pesantren Tebuireng memberikan fasilitas yang berkualitas serta beragam bagi para santri dan pengurus pesantren. 

Beberapa Fasilitas Pondok Pesantren Tebuireng

Berikut fasilitas pondok pesantren Tebuireng yang akan Anda terima.

1. Fasilitas Asrama

Fasilitas pertama yakni fasilitas asrama. Pondok pesantren Tebuireng memberikan fasilitas asrama bagi para santri sebagai tempat tinggal mereka. Anda juga akan mendapatkan asrama yang memadai serta lingkungan belajar yang mendukung saat Anda menempuh pendidikan disini.

2. Tempat Belajar yang Memadai

Saat sedang di dalam kelas, tentunya Anda juga akan disediakan tempat belajar yang memadai. Jadi dapat dipastikan bahwa tempat yang akan ditinggali nyaman dan suasananya kondusif untuk belajar, apalagi jika banyak teman yang dapat dijadikan tutor sebaya dan belajar bersama.

3. Perpustakaan

Guna menunjang kemampuan literasi dan wawasan para santri. Tersedia perpustakaan sebagai fasilitas yang menyediakan beragam jenis buku, jurnal ilmiah, hasil penelitian, serta tersedia alat yang memudahkan proses pencarian buku dan keperluan perpustakaan lainnya seperti kursus bahasa.

4. Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Puskestren Tebuireng

Fasilitas pondok pesantren Tebuireng yang selanjutnya yakni fasilitas kesehatan. Pondok pesantren Tebuireng memiliki fasilitas kesehatan yang awalnya bernama Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren). Kemudian pada tahun 2016 telah berganti menjadi Pusat Kesehatan Pesantren (Puskestren).

Puskestran milik pondok pesantren Tebuireng tidak hanya memberikan fasilitas kepada para santri, namun Puskestren juga menerima masyarakat sekitar yang hendak berobat. Hadirnya fasilitas kesehatan ini akan memudahkan para santri untuk mendapatkan informasi kesehatan serta pencegahan penyakit.

5. Fasilitas Olahraga

Pondok pesantren Tebuireng memiliki GOR (Gedung Olahraga) sebagai sarana untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, khususnya bagi santri. GOR ini dapat Anda gunakan untuk olahraga baik sendiri atau bersama yang lain sehingga santri tidak hanya kuat secara ilmu, melainkan secara fisik.

6. Laboratorium Komputer

Tentunya karena pondok pesantren ini berbasis modern, maka fasilitas penunjang teknologi tidak ketinggalan. Laboratorium komputer disediakan agar siswa siswi dapat belajar ilmu agama, namun tetap mengikuti perkembangan zaman agar tidak gagap teknologi.

Pemaparan sebelumnya sudah membantu Anda untuk mengetahui beberapa fasilitas pondok pesantren Tebuireng. Fasilitas lain tentunya masih banyak lagi seperti masjid, laboratorium, koperasi madrasah, ruang kesenian, ruang osis, UKS, minimarket, dll. 

Anda tidak perlu khawatir lagi sebab fasilitas tersebut akan membantu Anda saat menempuh pendidikan di sana. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi Anda. Selamat belajar!

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

2 komentar untuk "Fasilitas Pondok Pesantren Tebuireng, Ada Apa Saja?"

  1. Lengkap ya kak fasilitas pesantren Tebuireng. Teman saya ada yang mengajar sebagai dosen di Universitas milik Tebuireng.

    BalasHapus
  2. Lengkap ya kak fasilitas pesantren Tebuireng. Teman saya ada yang mengajar sebagai dosen di Universitas milik Tebuireng.

    BalasHapus