Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget Secara Alami
Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget

Cara menjaga kesehatan mata dari gadget tentu akhir-akhir ini banyak dicari oleh setiap individu. Mengapa tidak? Jelas karena selama pandemi aktivitas kita banyak sekali dilakukan secara daring. Sudah pasti dari kegiatan daring tersebut kita tidak terlepas dari gadget.

Penyakit Mata Akibat Gadget

Intensitas penggunaan gadget yang terlalu lama dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit mata seperti mata mudah terasa lelah, berat, mudah mengantuk, tidak fokus, kemerahan, iritasi, miopia, serta otot mata yang mudah tegang. Oleh sebab itu, jarak hp dengan mata ataupun jarak gadget lainnya dengan mata juga perlu menjadi hal yang diperhatikan. Sebaiknya jarak gadget dengan mata antara 30-60 cm.

Selain menjaga jarak gadget dengan mata, berikut merupakan cara menjaga kesehatan mata dari gadget secara alami:

Meredupkan Cahaya Layar Gadget

Sinar yang terlalu terang tidak baik apabila ditangkap oleh mata secara intens. Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan mata dari gadget yang pertama adalah dengan meredupkan cahaya layar gadget atau gunakan tampilan dark mode. Namun, perlu diperhatikan juga, penggunaan cahaya yang tidak terang juga dapat membahayakan kesehatan mata. Jadi, sebisa mungkin aturlah cahaya layar gadget sesuai dengan kebutuhan kita.

Rileksasi Mata

Mata juga perlu beristirahat. Apabila otot mata sudah terasa tegang dan mata mudah merasa lelah, sebaiknya jangan lupa mengedipkan mata, serta terapkan metode istirahat 20-20-20 yaitu setiap 20 menit kita harus mengistirahatkan mata kita dengan melihat suatu obyek berjarak 20 kaki selama 20 detik. Metode ini akan membuat mata lebih rileks karena mata kita tidak perlu fokus pada layar.

Metode lainnya juga bisa kita lakukan dengan cara memejamkan mata selama 5 -15 menit dam menutup atau mengompres mata dengan kain atau kapas yang telah dibasahi air dingin ataupun irisan mentimun.

Sambil memejamkan mata, kita juga bisa memijat ujung sudut mata secara lembut agar mata yang kering bisa kembali lembab karena memijat bagian sudut mata dapat melancarkan aliran pada saluran air mata.

Memperbesar Ukuran Tulisan pada Gadget

Jika kita tidak terbiasa menggunakan gadget sejauh 30-60 cm, maka memperbesar ukuran tulisan pada gadget adalah alternatif yang bisa kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan mata dari gadget.

Berolahraga Ringan

Saat waktu istirahat tiba, akan lebih baik jika kita melakukan sedikit peregangan pada otot mata, wajah, kepala, bahu dan juga lengan, serta anggota tubuh lainnya misal dengan memijat leher, menggeleng-gelengkan kepala, ataupun memutar bahu ke depan dan ke belakang.

Menggunakan Lensa Kontak dengan Bijak

Apabila teman-teman terbiasa menggunakan lensa kontak, sebaiknya pilihlah lensa kontak yang berkualitas baik dan menyesuaikan dengan kondisi mata teman-teman. Selain itu, tidak disarankan menggunakan lensa kontak secara terus-menerus selama 24 jam.

Berhenti Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Biasanya jika sebelum tidur kita mengecek gadget kita, pasti ada saja yang pada akhirnya membuat kita menunda untuk tidur lebih cepat misalnya scroll TikTok. Padahal hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan mata yang sudah seharian beraktivitas. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk tidak menggunakan gadget ketika sudah siap beristirahat sebagai jadwal main hp yang baik.

Tidak Sembarang Menggunakan Obat Mata

Jika kita mengalami gejala pada mata, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter mata terdekat dan tidak menggunakan obat mata tanpa resep dokter agar mata kita mendapatkan penanganan yang baik. Oleh sebab itu, tidak hanya saat sakit saja, sebaiknya kita juga harus membiasakan diri untuk rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter mata.

Menjaga Kebersihan Tangan

Sering kali ketika mata lelah, mata mengantuk atau ada sesuatu yang mengganjal pada mata kita, maka tangan kita berusaha untuk menghilangkan gejala tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan agar ketika tangan kita menyentuh mata selalu dalam kondisi bersih sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Kesehatan mata juga perlu dijaga dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung vitamin mata alami yang dibutuhkan untuk kesehatan mata seperti Beta-karoten, Flavanoid, Asam Lemak Omega-3, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Selenium dan Seng.

Beberapa jenis makanan dapat mengandung zat-zat tersebut seperti sayuran berdaun hijau, wortel, ikan, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan tomat. Tetapi tentu mata kita membutuhkan nutrisi yang optimal sebagai cara menjaga kesehatan mata dagi gadget secara alami. Oleh sebab itu, jika kita tidak dapat melengkapi nutrisi tersebut, kita bisa mengoptimalkannya dengan cara mengonsumsi suplemen mata seperti Eyevi.

Eyevi Vitamin Mata Alami

Eyevi merupakan nutrisi khusus sebagai cara menjaga kesehatan mata dari gadget secara alami, terbuat dari perpaduan Lutein dan Zeaxanthin yang memiliki keistimewaan menjaga kesehatan makula dan retina pada mata yang dikombinasikan dengan Bilberry dan Red Beet yang dikenal dengan sebutan Superfood sebagai nutrisi untuk kesehatan mata.

Manfaat Mengonsumsi Eyevi

Eyevi dapat membantu menjaga kesehatan mata dari gadget secara alami, mencerahkan penglihatan, serta mencegah timbulnya penyakit mata seperti degenerasi makula, retinopati diabetik, uveitis (radang mata), serta katarak karena komposisinya terdiri dari ekstrak Anggur, Red Beet, Zeaxanthin, Bubuk Bilberry, Ascorbic Acid (Vitamin C), Lutein, Vitamin A, Vitamin B Complex, Algae (Blue Green Algae).

Eyevi juga mampu menutrisi otak karena kandungan Lutein dan Zeaxanthin merupakan karotenoid atau pigmen tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat. Dalam beberapa penelitian Lutein dan Zeaxanthin terbukti dapat mendukung memori, meningkatkan kecepatan pemrosesan dan efisiensi otak, terutama ketika dikonsumsi bersamaan.

Eyevi diproduksi oleh PT. Anugrah Ori Bionature Indonesia dan didistribusikan oleh PT. Komunitas Cerdas Indonesia. Saat ini Eyevi telah tersertifikasi halal LPPOM MUI dan BPOM. Cara mengonsumsinya juga mudah, cukup mencampurkan 1 bungkus Eyevi (15 gram) ke dalam air matang sebanyak 150 ml lalu aduk hingga rata.

Rasa Eyevi sangat enak karena terbuat dari ekstrak buah Anggur dan bisa dikonsumsi oleh berbagai usia karena komposisinya terbuat dari bahan-bahan alami. Satu pak Eyevi berisi 10 sachet Eyevi yang bisa dikonsumsi 1 hari sekali.

Nah, itu dia ulasan tentang Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget Secara Alami. Jika teman-teman berminat untuk mengonsumsi, teman-teman bisa memesan Eyevi dengan menghubungi nomor wa di sini.

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

35 komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget Secara Alami"

  1. di gadget, saya justru gak suka bila tulisannya besar-besar, hiks. Ternyata ini gak bagus buat kesehatan mata yaa

    BalasHapus
  2. Baru tau ada metode 20-20-20 tuk rileksasi mata. Mau coba ah.. mata tua sering sepet nih.. haha

    BalasHapus
  3. Baru paham metode 20-20-20 dan sepertinya harus saya lakukan. Saya kalau udh di depan laptop susah bergerak. Kayak semacam candu deh. Tapi trnyata bahaya juga.

    BalasHapus
  4. sering banget saya main hp sebelum tidur, tapi capek juga ya matanya apalagi tangan udah pegal banget. Untungnya mata saya masih oke sih meskipun cukup lelah dan pusing.

    kalau udah baca ebook mata saya udah capek duluan padahal baru sebentar doank.

    BalasHapus
  5. Aku juga pakai eyevit, emang penting banget untuk kita2 yang banyak kerja di depan laptop ya kak.
    Apalagi kalo dah pake kacamata raanya cepet lelah gitu

    BalasHapus
  6. Aku pakai Eyevit sejak pandemi ini, anakku juga karena kan banyak daring, online. Semua kerjaan, pembelajaran hampir di laptop dan ponsel

    BalasHapus
  7. Pas sekali nih artikel buat aku yang sering alami mata lelah. Izin share juga ya bumin. makasiiy..

    BalasHapus
  8. Masa pandemi gini emang semua serba daring yah, jadi lebih sering buka gawai atau laptop buat kerja atau PJJ. Nah, ini bikin mata lelah banget karna sering screentime. Jadi butuh vitamin seperti eyevi untuk kesehatan mata.

    BalasHapus
  9. Yang paling susah itu kalau udah terlanjur fokus di layar hp kadang suka lupa kalau mata juga butuh istirahat. Thanks kak, metode 20-20-20 kayaknya aku coba nih

    BalasHapus
  10. penyakitku nih, aku kalau mau tdur malah hapean mulu, liat yutub sampe meremmmmmmmmmmmmmmmmmmm pantes aja mata makin gampang capek

    BalasHapus
  11. pentiiing banget nih, apalagi kalau kerjaan gak bisa lepas dari gadget ya, rasanya mata udah pedeees banget huhu.. harus diperhatikan juga sebelum terlambat deh :) jadi mau nyobain vitamin mata ini

    BalasHapus
  12. gadget ini memang benar2 bikin candu yaaa ... yg kasian ya si mata ... tanpa kita sadari kesehatan mata dapat berkurang karena si gadget

    BalasHapus
  13. Wah sepertinya saya bakal butuh nih suplemen seperti inj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ada lho teman saya yang minum ini katanya ngaruh kk

      Hapus
  14. Efeknya berasa banget aku kesehatan mata akibat gadget sekarang aku redupkan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener nih, rasanya cepet capek ya sekarang kalau liat yang terlalu terang gapalagi kelamaan :( kudu asupan nutrisi yang optimal nih buat mata kaya Eyevi ini :)

      Hapus
  15. Baru dengar nih produknya.. cara pemakaiannya diminum lagi, jadi lebih mudah juga kalau buat anak2 ya. Kebetulan di rumah, anakku juga aktif pakai gadget, perlu juga nih dikasih suplemen ini.

    BalasHapus
  16. Jadi pengen banget beli vitamin mata, secara sering di depan laptop dan makin sering ikut webinar di zoom nih

    BalasHapus
  17. penting banget nih menjaga kesehatan mata, secara mata sangat fital bagi kehidupan kita.
    mau cari juga nih Eyevit buat jaga mata biar tetap fit.

    BalasHapus
  18. Ini bisa dikonsumsi dari usia berapa ya mbak?

    BalasHapus
  19. Kayaknya saya juga butuh suplemen mata seperti Eyevi ini deh karena terlalu sering berinteraksi dengan gawai

    BalasHapus
  20. aku tim nightmode terus nih nggak siang nggak malam, emang lumayan bantu bgt untuk menjaga kesehatan mata. Tentunya dengan multivitamin mata juga akan sangat membantu ya

    BalasHapus
  21. Aku sering pegang HP sebelum tidur.. hiks. harusnya jangan ya biar mata lebih sehat. Perlu konsumsi Eyevi juga nih keknya. memang ada minus dikit, dan makin parah karena kacamata antiradiasiku udah nggak nyaman dipakai tapi belum bisa ganti :D

    BalasHapus
  22. Aku uda minum si Eyevi ini, dan rasanya memang kayak minum minuman rasa buah gituu..
    Enak dan nggak ada rasa obat²nya malah. Kalau utk anak² cocok banget nii yaa kayaknya

    BalasHapus
  23. Aku butuh Eyevi ini kayanya sekarang, karena mata udah cepat lelah dan suntuk banget mengarah ke lazy eye... Jadi rasanya enak yah? Mau juga ah buat anak-anak.

    BalasHapus
  24. menjaga kesehatan mata ini penting banget apalagi sekarang serba online jadi mau tidak mau harus liat gadget hingga berjam-jam terutama bagi pelajar

    BalasHapus
  25. tulisan yang sangat bermanfaat

    sebagai blogger yang berjam-jam bahkan sering seharian di depan komputer, terasa makjleb banget

    sering mengabaikan kesehatan mata

    BalasHapus
  26. Lagi butuh banget ini suplemen buat mata. Eyevi ini bisa dikonsumsi mulai usia berapa ya?

    BalasHapus
  27. wah aku masih uska berselancar sebelum bobok hiks ga baik ya buat kesehatan mata wah perlu dihentikan nih
    betul aku suka mereduhkan juga saat menggunakan hp di malam hari

    ehm eyevi bisa nih masuk list buat kami di rumah

    BalasHapus
  28. baru tahu ada produk ini. yang bikin salfok desain mata nya itu lo. iconic banget..
    emang harusnya selalu menerapkan metode 20-20-20 ya, aku kadang smape mata bekunang-kunang kelamaan menatap layar..

    BalasHapus
  29. Oiya, mau tanya lagi nih mba, eyevi ini udah bisa diorder di apotek kah? Atau harus via online by WA diatas ya?

    BalasHapus
  30. Menjaga kesehatan mata emang penting banget ya. Termasuk konsumsi vitamin dan suplemen untuk mata.

    BalasHapus
  31. Wah ini yang sering saya abaikan, menjaga kesehatan mata, padahal setiap saat dan setiap waktu gadget ada di genggaman. Akhirnya sekarang ya kalau baca harus pakai bantuuan kaca mata.

    BalasHapus
  32. Otw beli produknya, soalnya serumah pada doyan pegang gadget. Perlu perlindungan lain selain kacamata anti radiasi, hehe.

    BalasHapus
  33. Suplemen kayak gini emang aku perlu banget mbak, karena belum yakin asupan sehari hariku udah mencukupi untuk semua kebutuhan mataku

    BalasHapus