Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Monetisasi Blog

Waktunya kembali mengulas ICC Sharing Time. Ibuku Content Creator atau ICC kali ini kembali mengadakan ICC’s Sharing Time yang kelima dengan tema “Tips Mengelola Banyak Blog dan Cara Optimalkan Penghasilan”.

Acara ini mengundang Rini Novita Sari atau biasa disapa Mba Rini, seorang Blogger Profesional yang telah memonetisasi blog lebih dari 5 blog dan juga telah memiliki usaha jasa penulisan artikel yaitu Noe Digital Media.

Sambutan Founder ICC

Dalam sambutan Karimah Iffia Rahman selaku founder ICC, Ibuku Content Creator saat ini adalah wadah untuk menjadi inspirasi Ibu Berdaya dan Berkarya melalui Media Sosial.

ICC Sharing Time pada dasarnya adalah salah satu program dari beberapa program di ICC. Program-program di ICC sendiri ada rutinitas harian supporting media sosial group, dan program tematik seperti kajian Ramadan, ODOP ICC, Mubadalah Virtual Class, dan juga Santunan Yatim.

Untuk ICC Sharing Time sendiri menjadi program bulanan yang diadakan dari member untuk para member oleh member ICC. Mengapa, karena panitianya dari member yang juga merangkap sebagai admin ICC, pematerinya juga merupakan para ahli maupun praktisi dibidangnya yang juga member ICC, dan pesertanya pun juga dari member ICC.

Namun melihat antusias teman-teman di luar ICC dan karena mendapatkan support dari Ecoton terkait ruang zoom premium untuk acara ICC Sharing Time yang berlangsung secara daring, akhirnya ICC Sharing Time kali ini dibuka untuk umum agar kebermanfaatan ini bisa dirasakan oleh banyak pihak.

Selayang Pandang Tentang Ecoton Foundation

Ecoton adalah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pemulihan lingkungan sungai yang berdiri pada tahun 96 dan berbadan hukum di tahun 2000.

Visi Ecoton adalah terwujudnya kelestarian keragaman hayati dan keberlanjutan fungsi lingkungan hidup bagi manusia, melalui pengelolaan ekosistem dan lahan basah yang berkeadilan dan partisipatif.

Saat ini Ecoton mengajak masyarakat untuk ikut terlibat aktif melestarikan dan memulihkan ekosistem sungai melalui berbagai macam kegiatan seperti kajian ilmiah, advokasi, dan edukasi. Isu yang saat ini menjadi topik di Ecoton adalah mikroplastik, plastik, fish information, health, dan sampah plastik.

Untuk lebih lengkapnya teman-teman bisa mengunjungi situs ecoton.or.id atau sosial media nya di Fb, Ig, twitter dengan username Ecoton.id.

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Sesi kali ini, ICC sengaja mengundang Mba Rini karena memang berdasarkan hasil voting evaluasi ICC Sharing Time yang keempat, banyak dari peserta menginginkan adanya ICC Sharing Time bertemakan seputar blogging. 

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media
Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Monetisasi Blog dengan Banyak Situs

Seperti yang kita sudah ketahui ya, kalau udah tau rasanya meraup pundi-pundi dari blog, pasti kepengennya tuh bisa lagi dan lagi karena tentu keuntungan memiliki banyak blog adalah mendapatkan penghasilan berlipat ganda dan juga membuat blogger semakin luwes mengelola blog karena telah terbiasa monetisasi blog.

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media
Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Masalah Ketika Banyak Blog

Tapi kadang yang sulit dari monetisasi blog banyak adalah pembagian waktunya kalau menurut Bumin pribadi, bener gak sih? Selain pembagian waktu, belum ngisi kontennya, bagi waktunya, bahkan ada pula blog yang dikesampingkan karena terlalu fokus mengurus blog yang lainnya.

Nah, daripada berlarut-larut, mari kita simak ulasan Bumin yang bisa menjadi insight Buibu dan Pakbapak sebelum memutuskan untuk beternak blog:

Awal Mula Mba Rini Memutuskan Memiliki Banyak Blog

Tiga sampai empat tahun yang lalu, blog Mba Rini hanya celotehdinihari.com. Namun setelah dirasa dari ilmu dan pendapatan yang didapat dari blog ini telah memadai untuk memiliki blog baru, akhirnya ketika ada teman yang menawarkan domain yang telah expired masa aktifnya,

Mba Rini pun mencoba untuk mengelola lebih dari satu blog meskipun tentu saat blog kedua belum bisa langsung menghasilkan pundi-pundi uang, pembiayaan blog kedua bisa dicover oleh blog utama.

Setelah blog kedua stabil dan bisa menghasilkan pundi-pundi uang, maka Mba Rini pun memutuskan untuk menambah blog yang ketiga dan seterusnya hingga akhirnya sampai saat ini Mba Rini telah monetisasi blog sebanyak 16 blog yang dikelola secara personal dan profesional.

Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media
Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media

Kenali Tanda Siap Monetisasi Blog

Di sesi ini, mba rini juga memaparkan bahwa jangan hanya ingin beli domainnya saja untuk memiliki banyak blog, tetapi kita juga harus mengenali tanda-tanda bahwa kita siap mengelola blog lebih dari satu blog dengan catatan sebagai berikut:

Pertama, blog utama sudah matang yang artinya telah bisa menghasilkan uang tanpa harus dikelola dengan konsisten seperti sebelum-sebelumnya dan juga penghasilan dari blog utama dirasa cukup untuk menjadi modal blog kedua dan seterusnya.

Kedua, pemilik blog sudah terbiasa dan bisa menyetting dan membangun pondasi blog secara personal dan bisa mengatur waktu untuk ngeblog. Ketiga, pemilik blog bisa dan paham cara mendapatkan project campaign untuk blog.

Terakhir, pemilik blog bisa mengelola keuangan yang berasal dari blog sehingga ketika ada tagihan domain dan hosting (untuk pengguna Wordpress) tidak kalang kabut mencari dana.

Menarik banget kan ulasannya, nah jika teman-teman ingin mengetahui lebih detail tentang cara memonetisasi banyak blog, teman-teman bisa mengakses rekaman acara daringnya di sini ya:

Sekian, semoga ulasan Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media ini bermanfaat.

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

12 komentar untuk "Monetisasi Blog: Tips Ternak Blog Ala Founder Noe Digital Media"

  1. Menarik nih tema yg gak pernah kehilangan pemirsa. Sy pingin banget ternak blog, cuma manajemen waktunya ampuun syulit hihi

    BalasHapus
  2. Keren juga ilmunya biar bisa ternak blog ini. Saya satu saja keteteran, gak bisa konsisten hehehe

    BalasHapus
  3. Hwaaa sampai 16 blog. Aku setuju banget, punya lebih dari 1 bumin blog tuh kadang masih suka susah bagi waktu buat bikin konten di blog lainnya. Jadinya masih ada blog yang terbengkalai.

    BalasHapus
  4. Jujurly, aku yg ngelola 5 blog aja masih suka nggak adil bagi waktunya, wkwk.. masih suka mengutamakan 2 blog utama sih, tapi setidaknya setiap bulan ada update dari yg lain.

    Terima kasih untuk sharing dan semangatnya mbak Riniii. Bumins, semoga bisa adain sharing time lagi yg bermanfaat buat member ICC yes #hugs

    BalasHapus
  5. huhu membangun baru memang mudah ya, yang syulit itu maintenancenya hihi.. aku pribadi masih merasa berat tapi udah pengen juga hihi

    BalasHapus
  6. Mantap banget sih Mba Rini ini sudah mengelola sampai 16 blog. Nah, pertanyaan soal membagi waktu ini rupanya terjawab dengan kematangan si blog utama yang bisa menghasilkan tanpa perlu sering dilirik ya rupanya.

    BalasHapus
  7. Ya Allah 16 blog.. keren banget sih mbak Rini memang bagi waktunya. Padahal masih kerja kantoran juga ya.. salut bangeet.

    BalasHapus
  8. Salut sama mba Rini, karna menurut saya pk unya banyak blog itu gak mudah, kudu pintar manage waktu dan mood jug

    BalasHapus
  9. aku amaze banget loh sama mba Rini noe ini, termasuk blogger yang sukses ya. aku setuju sih dengan monetisasi blog tapi harus tahu dulu tanda kita siap monetisasi blog atau gak. soalnya jadi blogger pro itu gak mudah, gak hanya nulis aja terus selesai ya.

    BalasHapus
  10. wow banget nih, pengen ikutan ternak blog tapi apa daya masih ragu gak bisa ngurusinnya dengan maksimal semua haha

    BalasHapus
  11. Tema nya menarik kak min, jujur aq salut sama mbak Rini soalnya bisa kelola banyak blog biarpun harus kerja kantoran juga

    BalasHapus
  12. Aku dua satu blog aja udah susah banget update nya, ini 16? 😅
    Luar biasa 👏🏻👏🏻

    BalasHapus