Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Financial Freedom di Mulai dari Financial Check up #ICCSharingTime

Financial Freedom di Mulai dari Financial Check up #ICCSharingTime
Financial Freedom di Mulai dari Financial Check up #ICCSharingTime

Financial Freedom

Beberapa waktu lalu, Ibuku Content Creator kembali mengadakan ICC's Sharing Time yang keempat dengan tema "How to do a financial check up for content creator". Acara ini mengundang Erlina Juwita, CFP seorang pakar keuangan tersertifikasi yang juga founder dari Cerdas Keuangan.

Menurut Karimah Iffia Rahman founder Ibuku Content Creator dalam sambutannya, sangat penting bagi seorang content creator untuk dapat mengatur pendapatannya mengingat pemasukan seorang content creator sendiri waktunya tidak setiap bulan sekali dan agar pemasukan yang tidak tetap tersebut tetap bisa mengantarkan kita pada financial freedom selama dapat dikelola dengan baik.

ICC's Sharing Time

Sharing Time ini juga diadakan oleh Ibuku Content Creator sebagai sarana edukasi untuk para member dan masyarakat umum setelahnya mengingat salah satu misi Ibuku Content Creator adalah dapat menjadi wadah edukasi dan pemberdayaan untuk para perempuan.

Selain ICC's Sharing Time, Ibuku Content Creator juga telah melakukan kajian ramadan bersama Mubadalah dan event menarik lainnya.

Mari kita simak berikut di bawah ini beberapa insight yang didapat selama acara ICC's Sharing Time yang keempat berlangsung agar tidak lagi terjerat dengan problematika seputar cashflow kurang, rasio hutang berlebih, bahkan belum pernah mencoba untuk financial check up:

Apakah Ekonomi Saat Ini Masih Baik-Baik Saja?

Mari sejenak melihat dengan lebih lebar tentang bagaimana kondisi keuangan negara kita. Ternyata BI (Bank Indonesia) baru saja menaikkan tingkat suku bunga 25 bassist poin itu artinya tren kenaikkan inflasi ini sudah terjadi sejak 2 bulan yang lalu.

Hal ini ditandai dengan kenaikkan berbagai harga bahan bakar, bahan pokok dan sejenisnya yang kemungkinan akibat hal tersebut, tren ini akan terus berlanjut. 

Yuk Kenali Dampak Kenaikkan Inflasi

Mungkin bagi orang yang awam terhadap dunia keuangan tidak akan tahu dampak inflasi dan tingkat suku bunga buat kita selain harga barang yang melonjak tinggi. Berikut informasi yang disampaikan oleh pemateri ICC's Sharing Time terkait dampak inflasi yang akan kita alami: 

- Kenaikkan harga barang

- Pertumbuhan ekonomi akan terhambat; harga barang naik namun pendapatan tidak meningkat. 

- Dampak terhadap aset yang mana inflasi akan menggerus aset lancar yang kita miliki.

- Dampak terhadap hutang; ketika pendapatan stuck tetapi beban pengeluaran terus meningkat. Ditambah lagi cicilan hutang kita yang ikut bertambah karena mengikuti suku bunga yang terus meningkat. 

Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Melihat dampak dan resiko yang cukup besar di atas. Tentu saja kita tidak bisa tinggal diam. Kita harus lebih aware pada tren ekonomi yang terjadi saat ini. Sehingga setidaknya kita dapat menyelamatkan kapal perekonomian keluarga kita agar tidak karam. 

Menyusun Ulang Anggaran Keuangan 

Hal ini dapat menjadi awal langkah pertama di tengah gempuran dampak inflasi dan peningkatan suku bunga tadi. Rebuild Financial Planning diibaratkan seperti kita merenovasi rumah kita yang sudah hampir ambruk. 

Rumah yang tadinya sudah reyot dan tidak layak huni. Ada baiknya dibangun ulang untuk menjadi tempat tinggal yang lebih baik. Begitu pula kondisi keuangan kita yang buruk maka perlu di rebuild lagi dengan financial planning yang baru agar menciptakan kondisi keuangan yang lebih baik. 

Penghematan Pada Biaya Konsumtif

Setelah kita melakukan rebuilding financial plan. Selanjutnya kita bisa membuat pos pengeluaran. Kita susun ulang kembali anggaran pos-pos prioritas sampe kepada pos yang tidak diperlukan. 

Pada saat membangun rumah yang baru, tentunya kita ingin memaksimalkan setiap luas bangunan. Belajar dari bangunan sebelumnya yang bobrok, kita bisa membuang atau memanfaatkan setiap sudut ruangan pada rumah baru kita. 

Pos-pos pengeluran yang konsumtif namun tidak berguna atau sedikit manfaatnya bisa kita hemat dan lebih mengetatkan lagi. Sehingga tidak ada pengeluaran yang sia-sia. 

Jangan Simpan Uang Cash Berlebih Tetapi Investasikan 

Ketika inflasi tinggi maka jangan sekali-sekali menyimpan harta kita dalam bentuk uang cash. Hal itu akan menyebabkan penurunan harta kita dan berujung menjadi defisit.

Justru yang harus kita lakukan adalah INVESTASI. Namun untuk hal ini kita harus sangat selektif. Invesati harus pada tempat yang aman dan memiliki timbal hasil yang lebih tinggi dari inflasi itu sendiri seperti sukuk retail. 

Melakukan Financial Check Up

Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membangun finansial planning yang terjaga rahasianya adalah OSPlan by One Shildt. 

Biasanya untuk melakukan financial check up itu ada 4 hal yaitu aset, hutang, pendapatan dan pengeluaran. Dengan aplikasi ini kita bisa mengecek kondisi kesehatan finansial kita secara gratis.

Tidak hanya itu, melalui OSPlan, kita juga bisa mengecek kalkulator finansial yang digunakan untuk menghitung anggaran rumah tangga, kesehatan keuangan, dana pendidikan, dan masih banyak lainnya.

OSPlan by One Shildt

Baiknya, aplikasi ini telah tersedia di Playstore dan juga dapat dicek melalui webnya yaitu www.oneshildt.com. Dijamin buibu seakan memiliki konsultan keuangan pribadi dengan menggunakan kalkulator OSPlan dari One Shildt ini.

Nah, itu dia ulasan tentang financial freedom yang didapat dari ICC's Sharing Time. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Untuk rekaman ulangnya, teman-teman bisa mengakses di sini ya:

Penulis: SN

Editor: KIR

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

3 komentar untuk "Financial Freedom di Mulai dari Financial Check up #ICCSharingTime"

  1. Sejak pandemi, saya jadi terpikir untuk bisa menjadi seseorang dengan kebebasan finansial. Ada banyak planning untuk mewujudkannya namun memang tidak mudah. Belum lagi dampai kenaikan BBM yang banyak mengubah rencana budgeting

    BalasHapus
  2. Wah menarik ya pembahasannya. Hampir semua barang baik sebelum maupun sesudah harga BBM subsidi naik rata-rata juga naik. Deg-degan pastinya, tapi harapannya kita bisa ngatur keuangan dengan lebih baik ya Bu..pengen intip kalkulatornya nih

    BalasHapus
  3. Aduh serunya.. sayang kemaren belum bisa ikut. Semoga kita bisa makin cuan dan bisa ngatur cuannya lebih baik lagi yah, bumin..

    BalasHapus