Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO, Ini Dia Tipsnya!

Anjuran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menurut WHO
Anjuran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menurut WHO

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO

Istilah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memang tidak terdengar asing, namun ternyata masih sering luput dari perhatian sebagian besar orang. Banyak orang menganggap pola hidup yang demikian tidak penting diterapkan.

Padahal dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO, tidak hanya penting untuk kesehatan diri sendiri tapi juga bagi orang lain.

Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menurut WHO

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah gerakan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Gerakan ini mencakup praktik hidup bersih dan sehat yang dilakukan secara sadar.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, PHBS perlu diterapkan di semua lingkungan, mulai dari rumah, sekolah, tempat kerja hingga tempat umum dan fasilitas kesehatan.

Anjuran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menurut WHO

Perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO penting untuk dimulai dari lingkungan di mana seseorang hidup untuk pertama kalinya, yaitu di rumah. Dengan membiasakan diri hidup bersih dan sehat di rumah, maka pola hidup tersebut akan terbawa hingga ke lingkungan luar. Inilah tips perilaku hidup bersih dan sehat.

1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Cuci tangan sebenarnya sudah termasuk aktivitas sehari-hari. Sayangnya masih banyak orang yang belum menerapkan cara cuci tangan yang benar dan sehat, yaitu dengan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air mengalir. Dengan cara yang benar, kebiasaan cuci tangan mampu mencegah berbagai penyakit.

2. Menggunakan air bersih

Indikator hidup bersih dan sehat berikutnya adalah tersedianya air bersih di rumah, di sekolah, di tempat kerja dan di mana saja. Air bersih tidak hanya penting untuk minum, tapi juga diperlukan untuk mandi atau membersihkan diri, serta kegiatan mencuci pakaian maupun alat masak dan makan.

3. Menggunakan dan menjaga kebersihan toilet

Rumah yang bersih dan sehat dapat dilihat dari ketersediaan toilet dan kebersihannya. Toilet yang tersedia harus sesuai dengan standar kesehatan dan berfungsi dengan baik.

Kebersihannya juga perlu diperhatikan sebab toilet bisa menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit. Kita juga bisa menggunakan disinfectant spray yang aman untuk seluruh keluarga.

4. Rutin berolahraga

Melakukan olahraga secara rutin termasuk dalam kebiasaan hidup sehat. Berolahraga selama 30 menit sehari akan membantu meningkatkan kebugaran, mengatasi gangguan kesehatan serta mencegah munculnya penyakit. Berolahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan psikis.

5. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Memilih makanan sehat dan bergizi untuk dikonsumsi keluarga juga menjadi salah satu anjuran perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, diperlukan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi harian. Hindari kebiasaan makan junk food dan perbanyak makan sayur serta buah.

6. Hindari kebiasaan merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang terbukti bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya, mulai dari hipertensi, kanker paru-paru hingga serangan jantung. Bahkan efeknya juga bisa berdampak bagi orang sekitar. Karena itu, kebiasaan merokok harus ditinggalkan demi terciptanya kehidupan yang sehat.

7. Membasmi sarang nyamuk

Meski hewan kecil, nyamuk bisa menjadi penyebab penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah. Maka harus dipastikan lingkungan bersih dari nyamuk dengan cara membasmi sarangnya dan tidak menciptakan genangan air. Selain itu, bersihkan sekitar rumah dari sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata

Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO, Anda bisa mewujudkan kehidupan keluarga yang sehat. Manfaat dari menerapkan pola hidup tersebut, lingkungan tempat sekitar Anda juga akan jadi lebih sehat.

Orang lain pun akan merasakan dampak sehingga kehidupan bersih dan sehat akan semakin meluas. Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Referensi:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/perilaku-hidup-bersih-sehat/

https://www.halodoc.com/artikel/ini-pentingnya-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-phbs

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

Posting Komentar untuk "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO, Ini Dia Tipsnya!"