Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Kelas Intensif Tahsin al-Qur'an dan Kajian Ramadan Sunnah Monogami

sunnah monogami dan poligami
Kelas Intensif Tahsin al-Qur'an dan Kajian Ramadan Sunnah Monogami 1442 H

Bismillahirrahmanirrahim

Mayoritas masyarakat mengenal bahwa poligami itu sunah Nabi. Akhir-akhir ini sunah tentang beristri lebih dari satu sangat santer terdengar dan berkembang dengan pesat. Padahal sesungguhnya, di samping ada ayat dan hadits yang memperbolehkan poligami, juga banyak ayat dan hadits yang justru menegaskan monogami.

Tidak percaya? Cobalah simak hadits berikut ini:

Dari Miswar bin Makramah ra. Ia berkata: "Saya mendengar Rasulullah berkhutbah di mimbar". Beliau berkata: "Bani Hasyim bin Mughirah meminta izin saya untuk menikahkan anak perempuan mereka dengan Ali bin Abi Thalib. Saya tidak mengizinkan, Saya tidak mengizinkan, Saya tidak mengizinkan.

Kecuali kalau Ali bin Abi Thalib menceraikan putri saya terlebih dahulu, lalu silahkan menikah dengan putri mereka. Dia (putri saya Fathimah) adalah bagian dari diri saya, sesuatu yang membuat hatinya galau akan membuat hati saya galau juga, dan sesuatu yang menyakitinya akan membuat saya sakit hati juga". (HR. Shahih Bukhari).

Ditambah ayat an-Nur (QS. 24: 32) yang meminta menikah dengan yang belum berpasangan. Juga ayat an-Nisa (QS. 4: 3) yang menegaskan monogami sebagai pernikahan yang lebih selaras dengan prinsip keadilan dan terhindar dari kezaliman. Tentu masih banyak lagi ayat-ayat prinsip dan teks-teks hadits terkait relasi pernikahan yang lebih kompatibel dengan praktik monogami, dibanding poligami.

Kelas Intensif Tahsin Al-Qur’an dan Kajian Ramadan Sunnah Monogami

Menarik sekali yah mengkaji ayat-ayat al-Qur’an dan hadits monogami. Oleh sebab itu, pandemi Covid-19 bukanlah menjadi sebuah halangan untuk belajar al-Qur'an.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Ibuku Content Creator bersama Mubadalah.id, Ngaji KGI, dan Jaringan KUPI, membuka kelas online intensif ramadan untuk 20 pendaftar yang ingin belajar tahsin bacaan al-Qur'an dan mengkaji ayat dan hadits sunnah monogami secara daring bersama para pengajar ayat dan hadits yang kompeten dibidangnya. Yaitu:

Dr. H. Faqih Abdul Kodir, Lc. MA. (Dosen Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Prof. Dr. Hj. Nina Nurmila, MA. Ph.D (Guru Besar Ilmu Fiqh UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Dr. Hj. Nur Rofi'ah Bil. Uzm (Dosen Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur'an Jakarta)

Selain kajian ayat dan hadits monogami, peserta juga bisa belajar tahsin bacaan al-Qur'an surah al-Kahfi ataupun surat pilihan bersama Imam dan Khatib Indonesia-Timur Tengah yaitu Ustadz Andi Purnomo, S.Q, S.Ud.

Syarat Pendaftaran

Pendaftaran dibuka dari tanggal 28 Maret - 15 April 2021

Biaya pembayaran kelas:

Early bird 28 Maret - 5 April 2021: Rp 350.000,-

Normal 6 April -15 April 2021: Rp 550.000,-

No.rek 90011044050 atas nama Karimah Iffia Rahman (Bank BTPN/Jenius)

Fasilitas

Pemateri yang kompeten

E-sertifikat

Modul pembelajaran

Buku Sunnah Monogami

Donasi untuk Yatim Covid-19

Masa Pembelajaran

Setiap hari Sabtu dan Minggu 17-08 Mei 2021. Pukul: 09.00 WIB via Meeting Zoom. Untuk Kajian Ramadan akan dilakukan setiap hari Minggu. Sedangkan untuk kelas tahsin dilaksanakan di Whatsapp Group dan juga meeting zoom setiap hari Sabtu.

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur'an dan mengajarkannya.

Narahubung

Untuk info lebih lanjut hubungi Eka (0857-9420-9094)

@icontentcreator_

@mubadalah.id

@ngaji_kgi

@indonesia_kupi

English Version

In the name of Allah, The Beneficent The Merciful

Many people recognize that have so many couples in marriage is the Prophet's sunnah. Nowdays, regarding of having more than one wife has been widely and grown so fast. In fact, in addition to ayat al-Qur'an and or hadits allow to have more than one wife in marriage, there are also many ayat and hadits share us about monogamy or only have one wife in marriage.

You guys dont believe it? Just try to consider the following hadits this one:

From Miswar bin Makramah RA. He said: "I heard Rasulullah speeched on the stage, he said "Bani Hashim bin Mughirah asked my permission to marry their daughter to Ali bin Abi Thalib. I don't allow. I don't allow. Except Ali bin Abi Thalib divorces Fathimah my daughter first, then please marry their daughter.

Fathimah is a part of me, something that makes her heart upset will make me upset too, and something that hurts her will make me hurt too (HR. Shahih Bukhari). Also from al-Qur'an surah an-Nur (ayat 32) which asks an individual to marry an unpaired person.

Another ayat in surah an-Nisa (ayat 3) also claim that emphasizes monogamy as a marriage that is more in line with the principles of equity and avoid injustice. Of course there are many more principle ayat and hadits related to marriage relationship that are more compatible with the practice of monogamy than poligamy.

Monogamy studies its very interesting in islam perspective. Therefore pandemic isnt an obstacle us to learning about ayat and hadits sunnah monogamy. To celebrate and welcoming the holy month of Ramadan, Ibuku Content Creator with Mubadalah.id, Ngaji KGI, and Kupi's Network open an intensive online Ramadan class only fot 20 participants who want to learn tahsin al-Qur'an and study about ayat and hadits monogamy with the teachers who competent on this theme that are:

Dr. H. Faqih Abdul Kodir, Lc. MA. (Postgraduate Lecturer IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Prof. Dr. Hj. Nina Nurmila, MA. Ph.D (Profesor of Ilmu Fiqh UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Dr. Hj. Nur Rofi'ah Bil. Uzm (Postgraduate Lecturer Institut Ilmu al-Qur'an Jakarta)

Another session on this class, all participants can also learn about tahsin al-Qur'an (surah al-Kahfi or selection surah) with Imam and Khatib from Indonesia-Middle East namely Ustadz Andi Purnomo, S.Q, S. Ud. 

Registration is open from 28th March - 15th April 2021. Class payment fee is IDR 750.000 (early bird) and normal payment is IDR 950.000 (6th April-15th April). All participant can send the payment to 90011044050 in the name of Karimah Iffia Rahman (Bank BTPN/Jenius). All participants can get so many facilities, include: competent speakers and teachers, e-certificate, learning module, Sunnah Monogamy Book and Donation for Yatim Covid 19.

Class will be started in every Saturday and Sunday 17th April-8th Mei 2021 at 09.00 WIB via meeting zoom. Study tahsin al-Qur'an will be conducted in every Saturday and study monogamy class will be conducted every Sunday. For more info, please contact Mrs. Eka (0857-9420-9094).

The best person are the ones who study the holy Qur'an and teach it.

#kajianramadan #tahsinalquran #tahfidzalquran #kelasdaring #ngajikgi #tadarusalkahfi #indonesiamengaji #belajarmengajionline #ngajionline #tahsinbersanad #belajartajwid #ngajitajwid #indonesiancontentcreator #hijrahyuk #mubadalah #ngajikesalingan #ibukucontentcreator #genderislam #ngajipoligami #ngajimonogami


Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

31 komentar untuk "Kelas Intensif Tahsin al-Qur'an dan Kajian Ramadan Sunnah Monogami"

  1. Waah mantap kali inii kelas tahsin ramadan bisa onlineee 😍😍
    Sambil ngabuburit hauceee nih

    BalasHapus
  2. Mantap niih kajian untuk bulan Ramadhan. Topik dibahas pun menarik, karena masih banyak perdebatan terkait monogami, apalagi poligami..

    Ada hikmah juga ya dibalik pandemi, karena sejauh apapun kajiannya bisa dinikmati bersama gini. Wlpn jarak jauh

    BalasHapus
  3. Praktis nih karna online ya jadi bisa belajar darimana aja

    BalasHapus
  4. Waah keren, ramadhan jadi jaauh produktif dengan agenda di atas. Mantap

    BalasHapus
  5. Asiknya Ramadhan bisa Tahsin online. Isi waktu sambilcari ilmu dan menggali pengetahuan.

    BalasHapus
  6. Wah bisa dishare ke temen-temen nih biar Ramadhannya semakin produktif. Bisa online aja belajar tahsinnya praktis. Materi monogami ini juga buat penasaran :)

    BalasHapus
  7. semoga sukses acaranya teh, semoga lancar dan peserta produktif dan antusias. aamiin Ya Rabb.

    BalasHapus
  8. Temanya menarik, karena jarang banget yang membahasnya. Mau ajak suami aah buat ikutan, wwkwk.

    BalasHapus
  9. MsyaAllah menjelang ramadhan ya Kak pas banget ini kelasnya.
    Semoga segalanya diberi kelancaran aamiin

    BalasHapus
  10. Mari mengisi waktu di bulan oenuh berkah dengan menambah ilmu..

    BalasHapus
  11. Wuih keknya kelasnya bagus nih. Ijin sebar link tulisannya ya kk

    BalasHapus
  12. Aroma Ramadan sudah sampai dman mana ya .. menuntut ilmu era sekarang sudah tidak terbats jarak dan waktu. Dan lagi bisa dijangkau oleh siapapun jadi tak ada alasan berhenti belajar.

    BalasHapus
  13. Bisa dipertimbangkan nih biar puasa enggak makan mulu yang dipikirin sambil ngeliat jam dinding. Nambah pahala juga yekaan, praktis secara online lagi kelasnya.

    BalasHapus
  14. pas banget bisa jadi teman ngabuburit nih, temanya juga bagus jadi pengen ikutan

    BalasHapus
  15. bagus untuk kegiatan di bulan ramadhan nanti ya kak, buat acara ngabuburit dan nambah ilmu

    BalasHapus
  16. masyalloh materinya, masih dibuka ternyata pendaftarannya ya mbak, pas buat kegiatan ramadhan nanti nih

    BalasHapus
  17. Momennya memang pas banget ya. Apalagi di bulan suci ini dengan memperbanyak belajar insyaallah pahalanya pun berlimpah ya.

    BalasHapus
  18. Wah keknya seru nih kelasnya. Bahasannya pun unik ya kakak

    BalasHapus
  19. Monogami jarang yg bhas ini ya.. apalagi tegas dan lugas gini temanya hehe. Mantul.

    BalasHapus
  20. Pembahasan Monogami ni memberi new insight untuk saya. Infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  21. Masyallah.. aku baru tahuu ada hadits begitu... tp justru menimbulkan pertanyaan lainnya... sayangnya kelasnya sudah kelewat ya.. hiks

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah kemarin bisa ikut kajian ini, ilmunya sangat bermanfaat sekali. Terima kasih icc

    BalasHapus
  23. Mengkaji ayat ayat tentang monogami ini membuatku lebih membuka mata. Selama ngaji, pak kyai jg menjelaskan dengan detail dan mengena dgn realita yg ada

    BalasHapus
  24. Jadi pengen belajar tahsin lgi, kadang ngerasa malu jga dah umur sgini tpi bacaan quran masih gitu2 aja

    BalasHapus
  25. kalau ada lagi kelasnya mau dong mba dicolek.

    BalasHapus
  26. tema kajian onlinenya menarik sekali jikalau ada lagi sepertinya perlu ikutan ini saya

    BalasHapus
  27. MasyaaAllah ICC hebat sekali mengadakan kajian ini. Sukses selalu buat ICC dan semuanya

    BalasHapus
  28. Tema kajiannya menarik. Saya pribadi sering jengah ketika bapak-bapak semangat sekali bahas poligami apalagi dijadikan bahan bercanda

    BalasHapus
  29. Wah, ini boleh sering-sering ada kajian dengan tema ini , karena pemahaman orang yang sunah hanya fokus pada poligami

    BalasHapus
  30. Semoga nanti ada lagi acara seperti ini dan bisa bergabung

    BalasHapus
  31. Masya Allah harus makin banyak nih kajian tentang sunnah monogami ya :)

    BalasHapus