Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Traffic Website Gratis Bikin Pageview Meningkat

Cara Meningkatkan Traffic Website Gratis Bikin Pageview Meningkat
Cara Meningkatkan Traffic Website Gratis Bikin Pageview Meningkat

Cara Meningkatkan Traffic Website atau Blog

Beberapa waktu lalu, Bumin ikut agenda sharing session “Cara Meningkatkan Traffic Blog” yang diadakan khusus untuk member Blogger BW Asik. Materi disampaikan oleh Mas Doel pemilik blog doel.web.id.

Ternyata ada beberapa tahap atau cara meningkatkan traffic website sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog yang kita kelola. Jujur nih, biasanya Bumin hanya melakukan beberapa langkah dari tahap-tahap agar trafik web meningkat. Tetapi setelah webinar ini, Bumin jadi semakin tercerahkan karena bertambah ilmu baru terkait blogging khususnya agar traffic web meningkat.

Seberapa Penting Traffic untuk Blogger?

Sebelum kelas dimulai, Mas Doel menyampaikan sebenarnya traffic ini penting gak penting untuk seorang blogger. Kok bisa? Kenapa? Karena ternyata kembali lagi ke tujuan masing-masing blogger.

Kalau kita niatnya menulis hanya untuk healing dan bukan untuk memonetisasi blog, ya kita cukup menulis saja, jikalau pun ada pengunjung yang membaca artikel kita anggap saja seperti bonus.

Tetapi kalau kita niat ngeblog salah satunya karena ingin memonetisasi hingga bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta dari blog, maka, kehadiran pengunjung sangat dibutuhkan untuk sampai pada tujuan ngeblog yaitu monetisasi.

Tidak hanya untuk mendaftar ke Google Adsense, tetapi coba deh Buibu ingat, kalau ada job blog kadang suka ditanyakan, spill pageview nya dong Bu! Nah, kalau sudah begini, artinya pageview blog kita menjadi penentu apakah kita lolos di job yang kita apply atau sebaliknya.

Nah, daripada berlama-lama, berikut adalah cara meningkatkan traffic website gratis bikin pageview meningkat:

Disclaimer, dari webinar ini juga Bumin tahu bahwa ada beberapa tools yang berbayar yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic, meskipun begitu, kita tetap bisa menggunakan tools tersebut secara gratis walaupun fitur yang digunakan tidak dapat optimal.

Audit On Page

Cara pertama untuk meningkatkan traffic website ala Mas Doel adalah persiapan sebelum membuat konten. Persiapan ini berupa Audit On Page untuk melihat kecepatan website, UI + UX, dan struktur halaman serta masih banyak persiapan lainnya.

Gunanya apa sih Audit On Page ini kalau kita sudah melihat hasilnya? Ya kalau kita sudah melihat hasilnya, kalau ada bagian yang perlu diperbaiki, ya kita perbaiki, masa hanya dilihat saja? Tujuan dari Audit On Page ini adalah seberapa sehat website yang kita kelola.

Misal untuk kecepatannya minimal bernilai 80 dari skala 10-100. Kalau sudah 100 ya alhamdulillah. Berarti loadingnya blog kita nih cepat sekali, gak perlu nunggu lama ketika nama domain diketik, 1-3 detik langsung terbuka.

Riset Keyword

Selain Audit On Page, kita juga perlu melakukan Riset Keyword agar artikel yang kita ulas adalah artikel yang sering dicari oleh teman-teman di dunia maya. Menurut Mas Doel, kita bisa melakukan Riset Keyword dengan beberapa tools seperti Google Suggest, Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, Keywordtool.io, Rankmath dan masih banyak lainnya.

Jujur kalau Bumin sendiri paling sering masih menggunakan Google Suggest dan Keywordtool.io, Yang lainnya seperti Ubersuggest dan Ahrefs ya kadang-kadang aja. Pusing juga kalau kebanyakan tools yang dipakai, keburu anak bangun. Hehe… can relate ya!

Google Search Console

Selain yang sudah disebutkan di atas, kita juga bisa melakukan riset keyword melalui Google Search Console. Ini yang paling enak sih untuk optimasi artikel yang sudah ada atau membuat artikel pilar.

Karena dari keyword yang ditemukan di Google Search Console, kita bisa mengetahui artikel mana yang dibaca oleh pengunjung dan keyword apa yang sering digunakan oleh pengunjung untuk mencari artikel tersebut.

Menyiapkan Konten

Cara meningkatkan traffic website gratis yang kedua adalah dengan menyiapkan konten. Menurut Mas Doel, ada 8 tahap yang bisa kita lakukan pada persiapan yang kedua ini, yaitu:

  1. Tentukan search intent dan buatlah schema markup-nya.
  2. Masukkan keyword ke judul.
  3. Hindari keyword stuffing.
  4. Tetap masukkan keyword dalam artikel dan H2.
  5. Sertakan juga LSI-nya.
  6. Sertakan gambar dalam format .webp ukuran <30 kb.
  7. Sertakan internal link untuk membuat koherensi antar halaman.
  8. Masukkan link keluar jika diperlukan.

Mengoptimalkan Konten

Nah, cara meningkatkan traffic website gratis yang terakhir adalah dengan mengoptimalkan konten yang telah dibuat. Misal dengan memastikan link artikel kita terindeks Google dengan cara mengindek secara manual melalui Google Search Console atau mendaftar di Google News.

Selain itu, menurut Mas Doel, cara optimasi lainnya kita juga bisa membagikan link artikel tersebut ke media sosial yang kita miliki dan ikut blog walking. Jika kita sudah ditahapan level up, kita bisa optimasi konten dengan cara Off Page atau optimasi SEO yang dilakukan di luar website dengan cara membuat Link building, Google Bisnisku, Business listing, Brand mention dan masih banyak cara lainnya.

Jujur kalau Bumin, walaupun sudah diterangkan sekilas tentang yang Off Page ini, tetapi Bumin masih perlu banyak belajar. Nah itu dia ulasan Bumin tentang cara meningkatkan traffic website gratis yang diadakan oleh Blogger BW Asik. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa dipraktikan langsung ilmunya di web Buibu yah!

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

14 komentar untuk "Cara Meningkatkan Traffic Website Gratis Bikin Pageview Meningkat"

  1. Sangat penting memang bagaimana kita meningkatkan page view agar traffic meningkat.

    Saya juga masih kurang maksimal dalam riset key word dan lain-lain seperti yang kakak sebut diatas merupakan reminding buat saya pribadi agar selalu menggunakan step di atas agar lebih maksimal dalam upaya peningkatan page view blog saya.

    BalasHapus
  2. Wah banyak ilmu nih yang aku dapetin dari tulisan ini. Web speed aku kayak masih lemah banget nih di bawah 50. Masih banyak yang harus aku benahi ya jadinya.

    BalasHapus
  3. refresh ilmu banget nih bumin, makin kesini jadi makin mnegreucut sih ilmu nya dan makin tergambar. ilmu itu emang harus selalu di refresh ya karena kadang lupa saking getolnya ngeblogging cari cua, eh, hehehe. well noted banget nih tips nya bumin. ijin aku catat ya

    BalasHapus
  4. pekerjaan rumah banget nih ningkatin traffic website

    asal dilakukan step by step dan konsisten harusnya bisa dan akhirnya biasa ya?

    BalasHapus
  5. Naikin traffic ini yang masih jadi PR. Apalagi buat saya yang belum konsisten posting. Hehe

    BalasHapus
  6. Asli PR besar untuk bisa memiliki trafik tinggi tuh, makasih mam udah dikasih tahu tipsnya tinggal praktik yang kudu telaten

    BalasHapus
  7. Kadang saya suka ga teliti dalam riset keyword. Tapi saya yg ikut sharing sessionnya bang Doe merasa banyak harus melakukan evaluasi nih terhadap blog sendiri

    BalasHapus
  8. Paket kumplit ini. Wajib diterapin buat blogger blogger macem kita nih.

    BalasHapus
  9. terima kasih bumin re-sharingnya, sangat bermanfaat bagi blogger pemula kayak aku. heheh. pasti diterapin nih step by stepnya :D

    BalasHapus
  10. daku pun nih perlu banget nih untuk nerapin hal2 di atas, seringnya masih karena mood aja soalnya..

    BalasHapus
  11. Wuih keren banget nih tipsnya kk. Saya coba praktekka ya kak

    BalasHapus
  12. Keren banget deh ini tipsnya kak.. bisa dipraktekkan nih.. ehehehe

    BalasHapus
  13. Meski bukan yng pertama membaca ttg bagaimana menaikkan traffic blog selalu ada yg baru insightnya.

    Wah kayaknha menarik jika bisa nongrong lasg dngan mas doel ini. Ulasannya lugas tapi lsg tek gtu

    Aku catet deh,.

    BalasHapus
  14. panjang yaa ternyata prosesnya, hehe.. kudu rajin dan terus teiliti nih demi membidik pasar :)

    BalasHapus