Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Harga Kayu Meranti Terbaru di Pasaran Tahun 2022

Harga Kayu Meranti Terbaru di Pasaran Tahun 2022
Harga Kayu Meranti Terbaru di Pasaran Tahun 2022

Harga Kayu Meranti

Kayu meranti merupakan salah satu jenis kayu yang familiar untuk berbagai macam kerajinan, bahan bangunan, dan furniture.  Maka tak heran  jika kayu jenis meranti dipilih oleh para pengrajin. Di sisi lain, Anda sebagai pengrajin juga harus tahu harga kayu meranti di pasaran saat ini. 

Berapa kisaran harga kayu meranti di tahun 2022? Simak pembahasan di bawah ini! 

Harga Kayu Meranti Tahun 2022

Secara umum struktur kayu meranti cukup keras. Bentuk dan ukuran kayu meranti juga tidak gampang memuai atau menyusut karena perubahan suhu. Sehingga kayu ini sangat stabil dan digunakan untuk bahan struktur bangunan seperti rangka atap agar lebih tahan lama. 

Umur dari kayu meranti berkisar dari 10 - 15 tahun tergantung jenisnya. Pengawetan kayu meranti dapat dilakukan dengan cara mencampurkan minyak diesel dengan kreosot yang kemudian dioleskan ke kayu meranti. 

Kayu meranti juga sangat mudah dikeringkan lewat cara alami dengan sinar matahari atau menggunakan alat. Pengeringan kayu dilakukan supaya ukuran dan bentuknya tetap stabil. 

Kayu meranti sebenarnya sangat beragam, tergantung variasi, ukuran, dan tempat wilayah Anda tinggal. Dikutip dari Tokopedia, kayu meranti berkisar Rp 21.000 - Rp. 85.000 per batang. 

Namun, harga tersebut bukanlah harga pasti karena semua pasti tergantu variasi dan tempat di mana Anda tinggal. Berikut kisaran harga kayu meranti dari berbagai jenis: 

1. Kayu Meranti Merah

Kayu meranti merah merupakan kayu meranti paling bagus di antara jenis meranti lain. Tak heran jika kayu meranti merah terbilang mahal.

Adapun kisaran kayu meranti merah adalah Rp 6.500.000 untuk kayu berukuran 400x25x4. Sementara jika dalam bentuk batangan, kayu meranti warna merah ini adalah Rp 250.000/batang.

Namun, jika Anda butuh dalam ukuran lain sebaiknya langsung mendiskusikan dengan distributor kayu yang terpercaya. 

2. Kayu Meranti Oven

Ada jenis kayu meranti yang diproses dalam oven terlebih dahulu agar lebih tahan lama. Harga kayu meranti oven berkisar Rp 90.000/m dan yang tidak diproses oven mulai dari Rp 80.000/m.

Baik jenis yang diproses oven maupun tidak mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda dapat mempertimbangkannya sesuai kebutuhan. 

3. Papan dan Balok Kayu Meranti

Kayu meranti juga digunakan untuk furniture rumah. Biasanya jenis yang digunakan adalah bentuk papan dengan harga Rp 4.900.000 harga ini adalah harga untuk ukuran papan 6x20x400 cm. 

Terdapat pula jenis balik yang digunakan sebagai kusen dengan harga Rp 4.700.000 untuk balok dengan ukuran 8X12X400 cm.

Harap diperhatikan jika penjelasan harga di atas merupakan estimasi dan bisa saja sedikit berbeda tergantung di mana tempat tinggal Anda dan distributornya. Namun, harga kayu meranti di atas dapat dijadikan acuan ketika Anda hendak membeli kayu meranti untuk berbagai keperluan.

Nah, itu dia ulasan tentang Harga Kayu Meranti Terbaru di Pasaran. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

6 komentar untuk "Harga Kayu Meranti Terbaru di Pasaran Tahun 2022"

  1. Ternyata kayu Meranti banyak jenisnya ya mbak
    Masing masing jenis punya harga yg berbeda

    BalasHapus
  2. wah aku tuh masih belum tahu jenis kayu2 yangbisa diolah sehingga jadi produk furnitur sejauh ini tahunya kayu jati dan rotan

    BalasHapus
  3. Baru tau kalau jenis kayu yang dipake pengrajin adalah kayu meranti, intip ah hasil karyanya

    BalasHapus
  4. Aku baru renov rumah dan cari berbagai jenis kayu untuk kusen, pintu, kayu miranti ini cukup bagus dan paling terjangkau harganya

    BalasHapus
  5. kayu meranti ini paling banyak dicari ya untuk furniture, harganya pun woow ya, pantasan aja sih hasil akhirnya pun juga nilainya fantastis karena bahan bakunya pun juga mehong ya :D

    BalasHapus
  6. harga pasaran kayu log meranti di kisaran berapa ya?

    BalasHapus