Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Menjahit Baju Sendiri Model Sederhana di Rumah

Cara Menjahit Baju Sendiri Model Sederhana di Rumah
Cara Menjahit Baju Sendiri Model Sederhana di Rumah

Cara Menjahit Baju

Apabila Anda ingin membeli baju di toko namun bosan dengan model pakaian yang ada, mungkin Anda bisa mencoba untuk menjahit baju sendiri di rumah. Nah, untuk membuat baju yang bagus, Anda harus memahami bagaimana cara menjahit baju yang baik dan benar. 

Tidaklah sulit untuk menjahit baju sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan menjahit seperti benang, jarum, dan juga kain. Anda juga bisa menggunakan mesin jahit untuk mempermudah pekerjaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan berbagai macam aksesoris untuk mempercantik baju milik Anda.

Cara Menjahit Baju Sendiri di Rumah

Berikut merupakan 7 cara menjahit baju yang bisa Anda lakukan untuk menjahit baju sendiri, yaitu:

1. Memilih Kain yang Diinginkan

Kain merupakan salah satu hal penting yang harus Anda siapkan apabila ingin menjahit baju. Anda bisa mendapatkan kain di toko kain ataupun memanfaatkan kain bekas yang sudah tidak terpakai. 

Pastikan Anda memiliki kain dengan panjang yang cukup untuk sebuah baju, ya! Biasanya, baju berukuran dewasa memerlukan kain kira-kira sepanjang 2-3 meter.

2. Cuci Kain

Mencuci kain dapat menghilangkan kerutan yang ada pada kain sehingga tidak akan mengganggu aktivitas menjahit Anda. Jangan lupa juga untuk menyetrika kain Anda agar kain lebih licin dan enak untuk dijahit.

3. Membuat Pola Baju

Membuat pola pada baju merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan pada saat ingin menjahit baju. Membuat pola baju akan membantu Anda dalam memotong kain sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Apabila Anda merasa kesulitan untuk membuat pola baju, Anda bisa membeli pola di toko kain atau toko alat jahit.

4. Memotong Kain Sesuai Pola

Setelah membuat pola baju, cara menjahit baju yang selanjutnya adalah dengan memotong kain sesuai dengan pola yang sudah ada. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menghamparkan kain di permukaan lalu taruh pola di atas kain tersebut. Setelah itu, Anda hanya harus memotong kain dengan mengikuti pola tersebut. 

Jangan lupa untuk melebihkan potongan kain selebar 2 cm yang digunakan untuk bagian jahitan. Pastikan Anda memotongnya dengan rapi, ya. Apabila Anda ingin membuat lengan, Anda bisa memotongnya secara terpisah dan bisa disatukan pada saat proses menjahit.

5. Mulai Menjahit

Untuk menjahit, Anda bisa menggunakan jarum dan benang atau mesin jahit apabila Anda memilikinya. Anda bisa mulai menjahit dengan cara menjahit di bagian tepi pola.

Apabila Anda ingin menyambung bagian depan dan belakang baju, Anda bisa menggunakan tusuk zig-zag. Jangan lupa menambahkan tusuk rata untuk mengunci jahitan yang sudah Anda buat, ya.

6. Membuat Kelim Pada Bagian Bawah Baju

Agar baju yang Anda buat rapi dan tidak berjumbai, Anda bisa membuat kelim pada bagian bawah baju. Caranya cukup mudah, Anda hanya harus menjahit dengan menggunakan tusuk lurus pada bagian bawah baju. Untuk mempermudah proses membuat kelim, Anda bisa menyetrikanya terlebih dahulu.

7. Memberikan Sentuhan Akhir

Cara yang terakhir adalah dengan memberikan sentuhan akhir sesuai dengan selera Anda. Gunakan kreativitas Anda untuk memperindah baju yang dibuat. Anda bisa menambahkan berbagai aksesoris seperti renda dan manik-manik untuk mempercantik baju Anda.

Nah, itu tadi merupakan 7 cara menjahit baju yang bisa Anda lakukan di rumah. Mudah bukan? Semoga bisa membantu Anda dalam. Anda juga bisa melakukan cara di atas untuk menjahit aksesoris yang lain, seperti syal, celana, ataupun tas. Selamat mencoba!

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

1 komentar untuk "Cara Menjahit Baju Sendiri Model Sederhana di Rumah"

  1. Saat membuat pola diperlukanmkeahlian khusus noh klo polanya salah ndak jadi nanti bajunya wkwkwk saya pernah gitu soalnya

    BalasHapus