Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Teknik Analisis Data untuk Keberhasilan Bisnis, Ini Dia 4 Metodenya!

Teknik Analisis Data untuk Keberhasilan Bisnis, Ini Dia 4 Metodenya!
Teknik Analisis Data untuk Keberhasilan Bisnis, Ini Dia 4 Metodenya!

Teknik Analisis Data 

Selama ini mungkin banyak orang mengira bahwa analisis data hanya dilakukan untuk kepentingan penelitian, karya tulis, dan lainnya yang bersifat ilmiah dalam bidang pendidikan. Namun tahukah Anda bahwa analisis data juga bisa dilakukan untuk kepentingan bisnis dan strategi pemasaran digital?

Itulah mengapa kursus Data Analyst dan pentingnya digital marketing education juga sudah banyak tersebar di mana-mana untuk memenuhi kepentingan bisnis dari berbagai perusahaan.

4 Metode Analisis Data Untuk Keberhasilan Bisnis

Secara teori mungkin analisis data yang dilakukan dalam prosedur penelitian ilmiah dan dalam tujuan kepentingan bisnis bisa saja mirip atau hampir sama. Namun dalam pengaplikasiannya hal ini jelas dipandang sebagai dua konsep yang berbeda.

Dalam artikel ini akan memuat mengenai fungsi, dan jenis-jenis metode analisis data serta contohnya untuk kepentingan menunjang kesuksesan bisnis. 

Fungsi Analisis Data

Kursus data analyst akan melahirkan seseorang yang handal dalam melakukan pekerjaan di bidang analisis data. Dengan demikian maka diharapkan analisis data bisa berlangsung dengan baik di sebuah perusahaan berbasis bisnis. Adapun fungsi analisis data dalam bisnis adalah sebagai berikut :

Sebagai sebuah cara untuk melakukan evaluasi terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dalam perusahaan, yang berkaitan dengan kemajuan perusahaan itu sendiri. 

Sebagai cara untuk mencari dan menemukan jawaban dari persoalan perusahaan tersebut.

Sebagai alat untuk menentukan kebijakan perusahaan dalam pengambilan keputusan baik untuk jangka panjang maupun pendek. 

Metode Naratif

Metode analisis data ini termasuk dalam jenis metode kualitatif dimana metode ini dapat digunakan untuk mengambil interpretasi objek terhadap sebuah fenomena.

Dengan metode naratif artinya metode ini mengutamakan pada gagasan yang disampaikan oleh objek dan menjadikannya sebagai data untuk dianalisis. Metode ini biasanya digunakan untuk menganalisis mengenai budaya organisasi atau perusahaan.

Contoh implementasinya adalah dengan cara mengambil sampel objek dari karyawan perusahaan yang akan dilakukan analisis datanya.

Kemudian tekniknya bisa menggunakan wawancara langsung, ataupun teknik lain yang memungkinkan karyawan untuk memberikan atau mengungkapkan gagasan atau pendapat mereka tentang perusahaan tersebut. Dari data-data yang diperoleh ini maka bisa diambil sebuah kesimpulan mengenai budaya organisasi yang ingin diketahui. 

Metode Tekstual

Metode analisis data lainnya yang dilakukan dengan cara kualitatif adalah metode tekstual. Metode ini sering kali juga disebut sebagai text mining dimana acuan dalam proses analisis data hingga menjadi acuan untuk pengambilan keputusan perusahaan nantinya berlandaskan pada referensi yang sifatnya tekstual. 

Analisis data ini biasanya dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber teks untuk kemudian dilakukan pengolahan. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut ketika mengikuti kursus data analyst. 

Metode Deskriptif

Jika dua jenis metode sebelumnya adalah metode analisis data secara kualitatif, maka metode yang satu ini adalah jenis analisis data yang menggunakan metode kuantitatif.

Kelebihan dari metode ini adalah sifatnya yang lebih objektif. Metode deskriptif ini bisa Anda lakukan tanpa harus menggeneralisasi data dari hasil analisis yang Anda lakukan.

Data akan disajikan dalam bentuk seperti diagram, grafik, tabel, dan sebagainya. Kemudian proses analisis datanya dilakukan dengan menjabarkan setiap detail komponen yang ada di dalam data tersebut.

Dengan ini perusahaan akan memperoleh data yang mereka butuhkan, contohnya seperti data mengenai jumlah pelanggan baru dan pelanggan lama, tingkat daya beli masyarakat, dan lain-lain. 

Metode Inferensial

Metode lain yang menggunakan basic analisis kuantitatif adalah metode inferensial. Teknik pengambilan data untuk metode ini masih sama seperti metode deskriptif tadi, namun proses analisisnya justru sangat berbeda.

Karena dalam metode ini Anda harus melakukan generalisasi data dari populasi yang ada, untuk kemudian bisa diolah dan menjadi alat untuk menentukan pengambilan keputusan perusahaan kedepannya.

Untuk bisa melakukan pengolahan data ini Anda harus menggunakan rumus statistik yang bisa Anda peroleh ketika mengikuti kursus Data Analyst.

Nah, itu dia teknik analisis data untuk keberhasilan bisnis yang metodenya bisa digunakan dalam menganalisis data perusahaan. Semoga bermanfaat.

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

11 komentar untuk "Teknik Analisis Data untuk Keberhasilan Bisnis, Ini Dia 4 Metodenya!"

  1. Tehnik analisis data itu memang diperlukan di berbagai bidang. Pengetahuan seperti ini tidak semua orang tahu.

    BalasHapus
  2. Untuk pebisnis kudu melek soal analisa data seperti ini ya kak, Supaya bisnis yang dijalani bisa berkembang :)

    BalasHapus
  3. memang jika mau binis maju harus banyak yg dilakukan ya kak salah satunya menganalisa data bisnis agar bisa memaksimalkan potensi bisnisnya, terimakasih sharingnya

    BalasHapus
  4. Wah menarik ya memang belajar data analisis ini. Apalagi skrg banyak yg nyari nih data analyst

    BalasHapus
  5. Memulai bisnis memang nggak mudah ya bu. Bukan cuma asal dapet untung, tapi harus tahu juga segala teknik analisis data supaya nggak boncos.

    BalasHapus
  6. Baru tahu nih bumin kalau analisis data juga bisa dilakukan untuk kepentingan bisnis dan strategi pemasaran digital, ternyata banyak ya metodenya yang bisa dilakukan.

    BalasHapus
  7. MasyaAllah thankyou ICC... Merefresh lagi mata kuliah dulu nih..

    BalasHapus
  8. Berarti bisa dibilang kalau profesi data analyst benar-benar sedang dalam posisi "high-demand" ya Kak 🤔

    BalasHapus
  9. aku jadi teringat jaman begadangin skripsi hehehe... jadi kangen kuliah lagi ... tapi jujur dlu milih metode yg bikin galau

    BalasHapus
  10. Data analyst sekarang emang lagi tren ya. Soalnya skill ini sangat dibutuhkan hampir semua perusahaan

    BalasHapus
  11. Ternyata ada banyak tekniknya ya. Tapj emang pntg sih menganalisis dlu gt sblm jualan, biar ga asal dan tahu sasaran pelanggan ya

    BalasHapus