Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Bisnis UMKM
Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Strategi Pemasaran Digital

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan terkait strategi pemasaran digital untuk meningkatkan bisnis UMKM. Namun hal tersebut tentu membutuhkan riset yang akurat agar strategi dapat berjalan sesuai target yaitu terjadinya peningkatan penjualan bisnis.

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran digital yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM:

Strategi SEO

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, sebuah cara yang dapat meningkatkan bisnis umkm dengan meletakan kata kunci yang telah ditargetkan pada sebuah artikel di dalam sebuah situs online atau website.

Penempatan kata kunci yang baik akan mempengaruhi algoritma mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo dan sejenisnya. Jika penempatan kata kunci tepat dan isi di dalam artikel relevan dengan kata kunci, biasanya mesin pencari akan merekomendasikan artikel tersebut di halaman pencarian pertama.

Jika artikel masuk ke dalam halaman pencarian pertama, hal ini akan sangat menguntungkan karena biasanya orang-orang yang mencari informasi di internet hanya akan membaca beberapa artikel yang berada di beberapa halaman pencarian awal saja seperti halaman 1 sampai 5.

Strategi SMM

Strategi pemasaran digital yang kedua adalah atau Social Media Marketing yaitu strategi yang menggunakan media sosial sebagai tempat pemasaran secara digital mengingat saat ini hampir semua orang memiliki media sosial.

Dari media sosial, kita dapat menjangkau calon buyer yang kita inginkan melalui data-data yang dapat dikumpulkan seperti lokasi, gender, usia, kesukaan dan sejenisnya. Apabila data tersebut telah terkumpul, kita dapat melanjutkan strategi pemasaran digital yang ketiga yaitu Search Engine Marketing (SEM).

Strategi SEM

SEM dapat menjadi strategi pemasaran digital secara berbayar setelah kita mengoptimalkan strategi secara organik. Strategi ini biasanya dapat dilakukan dengan cara beriklan di media sosial seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Tiktok Ads.

Nah, itu dia ulasan tentang Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Bisnis UMKM. Jika Anda menginginkan bantuan tim ahli digital marketing atau ingin mengikuti sertifikasi digital marketing, anda bisa menghubungi lembaga sertifikasi profesi untuk mendapatkannya. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

1 komentar untuk "Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Bisnis UMKM"

  1. wah iya UMKM juga perlu strategi pemasaran digital yang tjakep. Baik pake teknik SEO, SEM, dan SMM

    BalasHapus