Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Jenis-jenis Plastik dan Contohnya yang Wajib Diketahui

Jenis-jenis Plastik dan Contohnya yang Wajib Diketahui

Jenis-jenis Plastik dan Contohnya yang Wajib Diketahui

Jenis-jenis Plastik dan Contohnya 

Kesadaran akan lingkungan dimulai dari mengenali jenis-jenis plastik dan contohnya. Plastik menjadi material paling banyak mencemari lingkungan, penanganannya perlu kerja sama seluruh lapisan masyarakat.

Anda yang mengenali jenis plastik bisa dengan mudah memastikan bahwa cara penanganannya sudah tepat. 

Mengenal Jenis-jenis Plastik dan Contohnya yang Wajib Diketahui 

Demi tidak mencemari lingkungan, material plastik hanya bisa di daur ulang. Seluruh produk plastik telah dilabeli dengan nomor produk yang memudahkan Anda mengenalinya. Bukan hanya daur ulang, Anda juga mengetahui keamanan penggunaannya. Berikut ini jenis-jenis plastik dan contohnya:

1. Polyethylene Terephthalate

Disebut juga PETE atau PET yaitu plastik yang hanya sekali pakai karena bahannya sulit dibersihkan dari bakteri. Bisa bersifat racun apabila Anda menggunakannya berulang kali. Contoh plastik PET antara lain botol air mineral sekali pakai, wadah makanan, pembungkus makanan. Kode dari plastik ini adalah angka 1. 

2. High Density Polyethylene

Kode dari plastik ini adalah angka 2, dan disebut sebagai plastik HDPE atau PEDH. Sifatnya tahan terhadap suhu lembab, bahan kimia dan cukup kuat. Juga menjadi plastik yang hanya bisa digunakan sekali saja, jika berulang kali bisa memicu gangguan pernapasan hingga risiko keguguran. 

Contoh plastik HDPE antara lain pipa plastik, botol pembersih lantai, botol minuman berwarna putih susu, peralatan dapur seperti papan pisau. Jika didaur ulang plastik ini diolah kembali menjadi tali atau pipa. 

3. Polyvinyl Chloride

Dikenal dengan plastik PVC dan bersifat keras serta kaku. Berkat karakternya, plastik ini tahan terhadap bahan kimia dan bisa menghantarkan listrik. Plastik ini merupakan yang paling berbahaya karena memiliki kandungan bisphenol A (BPA), merkuri, kadmium dan timbal. 

Contoh plastik PVC adalah kusen jendela, kursi, tas, dan juga komponen otomotif. Apabila didaur ulang akan berubah menjadi produk seperti kabel atau peralatan medis. Plastik ini memiliki kode angka 3. 

4. Low Density Polyethylene

Jenis-jenis plastik dan contohnya yang selanjutnya adalah LDPE dengan karakter lebih lunak dan fleksibel. Permukaan plastiknya lebih halus dan memiliki standar food grade sehingga aman sebagai pembungkus makanan atau minuman. 

Plastik ini bisa didaur ulang dan contohnya adalah kantong kue, minuman kemasan gelasan, pelapis karton, plastik makanan beku, dan lainnya. Apabila didaur ulang akan menjadi plastik tempat sampah hingga kusen. Kodenya adalah angka 4.

5. Polypropylene

Memiliki keunggulan tahan panas, contoh plastik PP antara lain ember, sedotan, kotak mentega dan yogurt, tali, isolasi hingga kaleng plastik cat. Plastik ini dianggap aman dan termasuk bisa didaur ulang dengan cepat. Sifatnya ringan, kuat dan juga tahan terhadap kelembaban. Angka kodenya adalah 5. 

6. Polystyrene

Plastik PS contohnya adalah gelas sekali pakai, helm, mangkuk, plastik penyimpan telur hingga kemasan makanan. Tidak aman digunakan pada makanan panas karena bisa mengeluarkan styrene yang mengganggu sistem saraf otak. Kemampuannya untuk didaur ulang sangat sulit. Kode angkanya adalah 6. 

7. Other

Jenis yang terakhir merupakan kombinasi dari plastik jenis lainnya. Misalnya saja plastik untuk pelapis peralatan elektronik, botol pada bayi dan juga kacamata. Termasuk plastik yang berbahaya untuk makanan dan minuman karena bisa merusak organ tubuh. 

Usai mengenali jenis-jenis plastik dan contohnya ini, sekarang Anda bisa lebih bijak dalam penggunaan plastik. Pastikan untuk selalu mengecek angka pada kemasan plastik sehingga menggunakannya dengan tepat. Jangan lupa untuk selalu memisahkan sampah plastik Anda dengan sampah organik untuk memudahkan daur ulang. 

Sehingga kita bisa ikut berkontribusi menangani cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan dan menjalankan cara mencegah banjir bandang. Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Sumber: 

https://voi.id/lifestyle/209962/7-jenis-sampah-plastik-contoh-produk-dan-cara-pengelolaannya-agar-tak-mencemari-lingkungan

https://www.gramedia.com/literasi/jenis-jenis-plastik/

https://waste4change.com/blog/tipe-dan-jenis-plastik/

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Plastik dan Contohnya yang Wajib Diketahui"