Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!

Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!
Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!

Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!

Buibu, apakah judul artikel ini clickbait? Mungkin sebagian Ibu akan berpendapat seperti itu. Tapi beneran deh, gaji blogger tuh bisa lho mencapai 30 juta rupiah! Bumin belum sampai di tahap itu sih tapi semoga aja sebentar lagi. Dan ternyata, sudah ada banyak blogger yang mencapai puluhan juta tersebut, beberapa diantaranya adalah para mentor Short Course Blogger ini. Siapa kah mereka? Simak artikel ini sampai habis yaaa…

Jadi beberapa waktu lalu Bumin ikut Short Course Blogger yang diadakan secara gratis selama 3 hari terhitung sejak tanggal 26-28 Oktober 2021 oleh Mba Shafira Adlina pemilik blog ceritamamah.com, Mba Jihan Mawaddah pemilik blog jeyjingga.com, dan Mas Abdur Rozak pemilik Inspiratips Media dengan tema Short Course Gratis 30 Juta Pertama dari Blog.

Cara Menulis Artikel Yang Menarik

Sesi pertama dibawakan oleh Mba Shafira atau biasa disebut Mamah Ina dengan judul materi Cara Menulis Artikel Yang Menarik. Bumin ngedengerin dari perjalanan pulang Samarinda - Jakarta. Alhamdulillah jadi teman selama perjalanan.

Menulis artikel yang menarik sangat penting bagi seorang blogger agar pengunjung betah membaca artikel kita. Kebayangkan kalau isinya gak sesuai dengan apa yang mereka cari, kemungkinan besar pengunjung akan beralih ke blog lainnya.

Pertama yang harus diperhatikan untuk membuat artikel yang menarik adalah dengan menentukan niche blog dan target pembaca. Kedua, berlatihlah untuk tetap menulis meskipun awalnya terpaksa. Ketiga, buatlah judul yang menarik.

Keempat, gunakan format yang jelas agar tulisan mudah dibaca. Kelima, menerapkan konsep piramida terbalik. Keenam meningkatkan kualitas isi artikel dengan banyak membaca.

Website Penyedia Jasa Artikel

Di sesi ini, selain berbagi tentang cara menulis artikel yang menarik, Mamah Ina juga ngasih tau kalau dari blog, kita bisa dapat cuan dari artikel-artikel yang kita post di blog kita dengan berbagai kerjasama. Bisa diajak langsung oleh brand dengan menghubungi kita melalui e-mail atau contact person yang kita letakkan di blog.

Bisa juga melalui beberapa web penyedia jasa artikel backlink seperti Rajabacklink, Vira.id, Sosiago, Intellinfluence dan masih banyak lainnya. Alhamdulillah Bumin sendiri kalau di website seperti ini udah mulai cuan tipis-tipis, lumayan buat beli bumbon.

Tapi walaupun buat beli bumbon, Bumin kelola dengan baik hasil cuan dari blog minimal seperti yang kaya Mas Rozak bilang, jangan sampai kita punya penghasilan dari blog tapi pas waktunya bayar ulang domain kita gak sanggup bayar sampai akhirnya menjual aset kita! Oh no...

SEO On Page

Lanjut, sesi kedua Bumin belajar SEO On Page bareng Ibu Caca alias Mba Jihan Mawaddah. Sebelum belajar kita diajak critical thinking oleh pemateri, kenapa sih Blogger harus tahu SEO? Hayooo kenapa hayooo…

Alasan sederhananya tentu sebagai Ibu-Ibu Content Creator dalam hal ini Blogger, kan gak mungkin ya kita blogwalking setiap hari untuk mendapatkan kunjungan blog. Bisa-bisa cucian numpuk, masak malam belum siap, anak gak ada yang nemenin belajar, tugas ngonten ibu gak kelar-kelar dan masih banyak pekerjaan yang keteter lainnya.

Nah, dengan SEO ini, kita bisa mendapatkan traffic blog secara cuma-cuma tanpa harus blogwalking alias pengunjung datang sendiri atas kebutuhan pribadinya alias tanpa kita pinta. Gimana caranya biar mereka bisa berkunjung sendiri ke blog kita? Nah, di sinilah kita harus belajar SEO dan riset keyword karena keduanya saling berkaitan.

Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!
Salah Satu Presentasi Materi SEO On Page

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazion atau Search Engine Optimizer. SEO ada dua yaitu On Page dan Off Page, namun SEO yang baik dimulai dari SEO On Page.

Ibaratnya, gimana kita mau terlihat bagus di luar kalau di dalamnya aja masih berantakan...

SEO On Page ini anggaplah seperti sedang menulis penelitian, maka kita harus menulis artikel yang akan di unggah di blog kita dengan kaidah penulisan SEO On Page yang baik pula mulai dari judul, peletakan keyword yang disesuaikan dan dioptimalkan pada titik-titik tertentu dalam halaman blog kita seperti di gambar, di permalink, dan sejenisnya.

Jika SEO On Page sudah baik tetapi tidak didukung oleh riset keyword, apalah artinya bu…

Ibarat nulis ngeblog tapi tapi isinya curhat jadi yang baca paling ya dia-dia aja. Eaaa…

Kalau kita menulis berdasarkan riset keyword atau keyword yang dicari oleh banyak orang, tentu berbeda, yang berkunjung pasti mereka yang memang butuh untuk membaca artikel tersebut.

Tips Menang Lomba Blog

Nah, karena Ibu Caca ini juga sering banget memenangkan ajang perlombaan blog, jadi di sesi ini peserta Short Course Blogger pun mendapatkan materi Tips Menang Lomba Blog. Jujur aja, Bumin pas tau materi ini juga shock, karena riset untuk lomba blognya detail banget, masya Allah

Tips pertama pastinya mencari info lomba blog baik di sosial media maupun di komunitas. Lalu mulai membuat timeline kapan lomba tersebut dimulai dan berakhir. Paling penting adalah mempersiapkan content, because content is the king, dan mempercantik konten dengan infografis, judul yang sesuai dengan tema, serta data pendukung lainnya.

Tips kedua agar dapat memenangkan lomba blog, kita juga perlu riset terkait siapa penyelenggara lomba blog tersebut maupun jurinya jika memang info juri diketahui. Tips ketiga yaitu membuat interaksi pada konten yang kita ikut sertakan ke dalam perlombaan. Artinya, dalam artikel tersebut minimal ada komentar yang relevan terkait tulisan kita dari pembaca blog.

Yang terakhir setelah ikhtiar sekuat tenaga untuk memenangkan perlombaan adalah berdoa tentunya, karena setiap keputusan juri pun pasti sudah diatur oleh Yang Maha Mengatur.

Google Adsense dan SEO for Google Adsense Optimation

Akhirnya sampailah dipenghujung acara, gak nyangka bisa sampai di hari terakhir. Kali ini Bumin belajar SEO bareng salah satu master Google Adsense yaitu Mas Abdur Rozaq. Saat ini Mas Rozaq mengelola banyak blog yang dinaungi oleh Inspiratips Media.

Materi SEO yang diberikan oleh Mas Rozak adalah SEO yang berkaitan dengan Goggle Adsense. Dimana kita tidak hanya riset keyword tetapi juga mencari keyword yang bernilai iklan. Nah, di sesi ini juga Mas Rozak memberi tips bagi para pemula yang ingin mendaftarkan blognya agar dapat cuan dari Google Adsense, berikut tipsnya:

Pertama, blog yang kita kelola harus  memiliki niche yang fokus. Kedua, blog kita harus memiliki navigasi yang jelas yang terpampang pada menu bar dibagian homepage blog. Ketiga, usia blog minimal 3 bulan sejak didaftarkan ke Google Adsense. Terakhir tentunya rutin update artikel SEO secara berkala.

Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!
Foto Bersama Pemateri dan Peserta Short Course Blogger

Setelah Google Adsense berhasil didaftarkan, pastikan kita juga harus meletakkan iklan di tempat yang berpotensi untuk di klik seperti di dalam artikel atau di akhir artikel dan memblokir iklan-iklan yang bernilai rendah. Terakhir, Mas Rozaq berpesan untuk tidak mengklik iklan kita sendiri, karena itu akan membuat iklan ke banned.

Baca juga: Kelas Intensif Kajian Ramadan

Wah, keren banget kan kelasnya. Semoga ulasan Bumin kali ini tentang Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta bermanfaat dan menyemangati Buibu ICC yang ingin membuat blog atau memonetisasi blog ya :) Leave your comment here :)

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

20 komentar untuk "Gaji Blogger Pemula Bisa Capai 30 Juta Jika Serius Ngeblog!"

  1. Terimakasih kak ulasannya. Cuma ingin meluruskan, untuk komen yg relevan itu bukan masuk salah 1 tips yaah. Soalnya kmrn itu lagi jawab pertanyaan tentang komen di blog tapi bukan termasuk tips untuk menang lomba blog. Gitu kaaakk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kak jihaaan terima kasih feedbacknya :)

      Hapus
  2. Keren banget, memang ya lomba blog itu cara ninja untuk cepat dapatin penghasilan yang banyak dari ngeblog, sayang saya jarang ikutan, kagak sanggup mikir otaknya hahaha.
    Selama ngeblog, bisa dihitung dengan jari saya ikutan lomba, itupun seringnya karena berbayar *tutup muka.

    Salut sama teman-teman yang rajin ikutan lomba :)

    BalasHapus
  3. Aku kemaren mau ikutan tapi nggak dibolehin, wkwk.. Padahalkan mau belajar juga, terutama tips dan trik buat ikutan lomba blog.

    Ah, baca ini aja udah seneng sih. Pasti banyak banget ilmy yang didapat, ya bumin.

    Semoga bisa nular ke kita semua nih emack-emack blogger warbyasak, hihi..

    BalasHapus
  4. waaa aku gak boleh ikutan nih hihii.. Alhamdulillah memang ya kalau ditekuni jadi cuan juga :)

    BalasHapus
  5. Baca ini jadi pengen punya blog dua biar jadi tabungan anak-anak

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, kereeenn, kemarin saya ketinggalan nih ikut kelasnya, pas mau daftar udah sold dooong padahal udah nungguin dari sebelum linknya disebar, huhuhuh.
    syukurnya bisa baca rangkumannya disini.
    duuuh keren banget ya Mbak Jihan itu jadi langganan juara lomba blog.
    pengen juga dooong kayak doi :D

    BalasHapus
  7. Asyik banget bumi bisa ikutan kelas ini, gak tau kaan ada lagi. Aku telat daftar jadi gak bisa ikutan, huhu. Makasih resume nya ya Bu min. Ijin save yaaa

    BalasHapus
  8. masyaAlla lengkap sekali. beruntung bisa membacanya di sini karena saya ketinggalan info acaranya. banyak banget inisght dari baca artikel ini, apalagi bisa ikut acara langusng dna tanya jawab :D

    BalasHapus
  9. benar banget sih gaji blogger bakal jutaan kalau diseriusin adsensenya kalau mereview harus ternak blog kalau mau besar heheh

    BalasHapus
  10. Aku kemarin ketinggalan kelas ini..aaaakk..
    Alhamdulillah ada review-nya disini..duh ngerasa makjleb mengingat ngeblognya masih setengah-setengah nih saya

    BalasHapus
  11. waaah ini lengkap banget ulasannya huhuhuh jadi kebayang sama semangat ngeblog yg timbul tenggelam gini

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, aku juga ada ikutan kelasnya.
    Dan memang luar biasa yaa ilmunya, ndaging banget, masya Allah..

    BalasHapus
  13. Mantap banget ya Kak, dari ngeblog aja bisa perolwh gaji sebegitu gedwnya. Mupeeeng.

    BalasHapus
  14. wow keren banget yaa blogger pemula bisa dapat penghasilan setinggi itu. Dulu, waktu awal ngeblog, dapat 2jt satu tahun aja udah bersyukur banget

    BalasHapus
  15. kemarin nggak keangkut nih pas daftar. emang sih ide yang unik itu perlu banget, tapi menguras banget untuk punya keunikan tuh

    BalasHapus
  16. Wah beruntung sekali ya Bumin terpilih ikut short course ini dan dapat materi yang daging banget. Sempat daftar juga kemarin tapi gak lolos huhu eh tapi gak papa karena bisa terpercik juga ilmunya dari baca postingan ini. Terima kasih sudah berbagi Bumin

    BalasHapus
  17. Luar biasaaaa emang nih kalau diseriusin, cuan dari blog itu nggak main-main. Bisa ngelunasin tanah kaya Mbak Jihan gitu lho, masyaallah... mupeng juga :')

    BalasHapus
  18. Makjleb soal isi blog masih suka-suka, hahaha. Iya sih memang, pastinya harus ya usaha lebih, bahkan kalau curhat pun, gimana caranya biar pembaca bisa dapat manfaatnya, alih-alih malah ikutan gloomy kebawa sama curhatan yang dibaca.

    BalasHapus
  19. Sangat bagus dan menginspirasi saya juga punya blog mohon doa dan dukungannya blog saya namanya: BLOG HUKUM KETETANEGARAAN (www.warsito-bicara.blogspot.com).

    BalasHapus