Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan untuk Ibu Rumah Tangga
Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

Siapa yang tidak ingin bisa menabung 10 juta dalam 3 bulan? Kalau dalam 3 bulan bisa menabung 10 juta, tentu akan banyak bucket list yang tercentang. Berbicara tentang cara menabung 10 juta dalam 3 bulan untuk ibu rumah tangga, mari kita coba cara berikut di bawah ini:

Niat dan Target

Jika ada target, tentu ada niat. Niat menjadi langkah awal kita untuk dapat mencapai 10 juta rupiah dalam waktu tiga bulan. Niat kita mungkin saja sama, menabung hingga 10 juta rupiah dalam waktu 3 bulan.

Tetapi bisa saja target kita berbeda. Ada yang tergetnya untuk melunasi hutang, biaya persalinan, DP masuk sekolah anak, ada pula yang targetnya untuk membeli motor second. Berbeda target tidak masalah, yang penting niat yang kuat.

Mulai Menabung

Setelah terkumpul niat yang kuat, kita perlu mulai menabung. Berapa nominal yang harus kita tabung dalam satu hari agar dalam tiga bulan terkumpul 10 juta? Jika di rata-rata, estimasi nominal harian kita menabung untuk sampai di angka 10 juta adalah minimal 100 ribu rupiah perhari.

Syukur-syukur bisa menabung hingga 150 ribu rupiah perharinya. Namun apakah nominal ini bisa kita capai dan tidak memberatkan alokasi keseharian kita? Maka selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah cara berikutnya.

Memiliki Usaha Sampingan

Jika ternyata kita tidak sanggup menabung sebesar 100 ribu rupiah perharinya. Maka waktunya kita untuk memutar otak mencari ide usaha sampingan yang modalnya murah atau justru tanpa modal seperti menjadi dropshipper, reseller, hingga menjadi influencer.

Apa iya menjadi influencer bisa menjadi usaha sampingan bagi ibu rumah tangga? Jawabannya adalah Ya! Selagi ibu mencoba untuk meningkatkan skill dengan cara bisa mengedit video, mengambil gambar produk yang baik, berani tampil mempromosikan produk dari berbagai brand baik secara soft maupun hardselling dengan menggunggah video dan foto di sosial media.

Lalu bagaimana caranya agar dapat mendapatkan kesempatan dari brand tersebut untuk mempromosikan produknya? Tentu saat ini hampir setiap individu memiliki gawai termasuk ibu rumah tangga.

Kabar baiknya lagi, saat ini telah banyak aplikasi untuk mendapatkan ratusan kesempatan campaign untuk menjadi bagian campaign berbagai brand cukup dengan mengunduh aplikasi campaign tersebut, registrasi di campaign yang tersedia, dan menunggu apakah pendaftaran campaign kita ditolak atau diterima oleh brand tersebut.

Pastinya yang perlu diperhatikan untuk hal ini adalah untuk ibu rumah tangga yang ingin serius menjadi influencer harus meningkatkan skill yang telah disebutkan di atas, memiliki media sosial dengan engagement yang baik terhadap pengikutnya, dan juga tidak di-private.

Selain menjadi influencer, jika kita memiliki skill menulis, maka mulailah membuat blog untuk menjadi usaha sampingan. Bahkan saat ini tidak sedikit yang justru menjadikan blog sebagai usaha utama alias fulltime blogger.

Sama seperti influencer lainnya, telah tersedia banyak website penghubung jasa backlink antara brand dengan blogger agar blogger mendapatkan kesempatan kerjsama langsung dengan brand untuk mengulas berbagai produk/jasa/layanan/event di blognya.

Membuka usaha kuliner juga bisa menjadi usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Terlebih saat ini telah tersedia aplikasi ojek online yang dapat membantu memperluas jangkauan customer.

Berhemat

Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Jika kita berhemat dan menekan alokasi yang sekiranya tidak perlu, maka tentu akan ada uang sisa dari budget bulanan yang telah disiapkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk berhemat di pos-pos yang sekiranya dapat dikurangi pengeluarannya.

Seperti membawakan bekal makan siang untuk si kecil dan pasangan daripada memberi uang saku untuk makan siang. Keluar dari grup jastip agar tidak tergoda oleh barang-barang dapur kekinian. Hingga meminimalisir keluar rumah untuk hal-hal yang tidak penting.

Mempunyai Rekening Khusus

Jika telah memiliki usaha sampingan, pastikan untuk memiliki rekening khusus atau dompet khusus untuk menyimpan uang agar cara menabung 10 juta dalam 3 juta ini berhasil diterapkan. Saat ini telah banyak pula aplikasi bank online yang menyediakan pos penyimpanan tabungan di dalam sebuah tabungan sehingga tidak perlu memiliki rekening khusus.

Berinvestasi

Jika uangnya sudah mulai terkumpul, kita juga bisa mulai menginvestasikan sebagian dana yang telah terkumpul ke instrumen lainnya seperti emas, reksadana saham, saham, ataupun obligasi. Saat ini juga telah tersedia banyak aplikasi investasi yang telah terdaftar di OJK.

Jangan Berhutang

Jika kita telah berniat untuk menabung dan telah memiliki target yang jelas, jangan membiasakan diri berhutang atau menggunakan kredit atau pun menggunakan segala jenis pembayaran dengan kata paylater. Hal tersebut akan mempengaruhi pengeluaran kita, mungkin tidak bulan ini, tetapi bisa saja bulan depan hingga tiga sampai 12 bulan ke depan.

Konsisten

Meski kita mungkin belum sanggup menabung sebanyak 100 ribu perhari untuk mencapai 10 juta rupiah dalam waktu tiga bulan, tetapi kita bisa konsisten menabung mulai dari nominal yang kita sanggupi misal 10 ribu atau 50 ribu rupiah untuk menjadi stimulus agar uang kita cepat terkumpul sampai di angka 10 juta rupiah dalam waktu 3 bulan.

Bersedekah

Ketika kita memberi ikhlas karena Tuhan semata, justru kita akan mendapatkan lebih. Mungkin bukan hari ini, tetapi di waktu yang tepat ketika kita benar-benar membutuhkan 10 juta rupiah. Terutama ketika kita bersedekah di waktu-waktu mustajabah seperti ketika setelah shalat Shubuh atau ketika hari Jum’at.

Membaca Surah al-Waqiah dan Shalawat Jibril

Bagi umat Islam, tentu telah terbiasa mendengar fadhilah dari keutamaan membaca Surah al-Waqiah dan sholawat Jibril yang berlafadzkan Shallallahu ‘ala Muhammad, Shallallahu ‘alaihi wasallam secara konsisten mulai dari jumlah yang sedikit 10 kali, 100 kali hingga 1000 kali dalam satu hari.

Mengikuti Lomba atau Giveaway

Terakhir selain konsisten menabung dan beribadah, kita juga bisa menambah pemasukan dengan cara yang fun yaitu mengikuti lomba atau giveaway yang diadakan oleh berbagai brand, siapa tau keberuntungan selalu ada di pihak kita, bukan?

Nah itu dia beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat menabung 10 juta dalam 3 bulan. Selain melakukan hal ini, yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan pencatatan baik secara digital maupun manual.

Karena dari melakukan pencatatan yang rutin kita bisa mengetahui pos mana yang masih memerlukan penghematan dan dapat mengevaluasi alokasi kebutuhan antar pos dibulan yang akan datang.

Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat mengantarkan seluruh pembaca pada 10 juta rupiah hanya dalam 3 bulan. Jika sudah berhasil, silahkan komentar di postingan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan dan bagikan tips ini pada teman yang membutuhkan ya!

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

4 komentar untuk "Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan untuk Ibu Rumah Tangga"

  1. Membaca surat al waqiah dan sholawat jibrilnya langsung saya tulis di kertas nih, mau dipraktikkan. Bismillah

    BalasHapus
  2. Masya Allah, inspiratif banget mbak
    Mau aku coba ya
    Bismillah niat menabung

    BalasHapus
  3. Wah keren banget ini sih tipsnya. Aku PRnya tuh belum bisa dan nggak paham investasi huhu tapi semoga bisa deh oneday, terutama invest yang halal & tayib ^^

    BalasHapus
  4. Kuncinya memang harus tekun dan konsisten ya. Perlu juga pencatatan pos2 keuangan supaya rapi. Enak juga kalau ada aplikasi bank online yang bisa menyediakan pos keuangan di satu tabungan, lebih simpel ya.

    BalasHapus