Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Harga Service AC Mobil Avanza dan Tune Up Terbaru 2023

Harga Service AC Mobil Avanza dan Tune Up Terbaru 2023
Harga Service AC Mobil Avanza dan Tune Up Terbaru 2023

Harga Service AC Mobil Avanza

Seperti yang kita ketahui, salah satu kelebihan dari transportasi mobil adalah selain bisa digunakan untuk banyak orang berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Mobil juga memiliki AC atau air conditioning. Sehingga udara di dalam mobil terasa sejuk.

Meski begitu, tentu untuk menjaga kualitas dari AC mobil, tentu diperlukan pengecekan secara berkala pada AC mobil. Hal ini pula yang menyebabkan banyak orang mencari informasi mengenai harga service AC Mobil Avanza. Apalagi jika mengingat mobil Avanza banyak digunakan sebagai mobil keluarga.

Oleh karena itu, sebelum kita mengetahui detail harga service AC mobil Avanza, kita juga harus mengetahui seluk beluk mobil Avanza dan tune up lengkapnya.

Mobil Avanza

Mobil Avanza merupakan bagian dari salah satu jenis mobil yang dikeluarkan oleh Toyota dan dikenal sebagai mobil jenis MPV atau Multi Purpose Vehicle. Jenis MPV ini biasanya dikenal sebagai jenis mobil yang biasa digunakan untuk moda transportasi keluarga.

Mobil Avanza sendiri telah beberapa kali mengalami perubahan baik dari desain interior maupun eksterior. Mobil Avanza sendiri memiliki dua varian yang berbeda tentunya.

Spesifikasi Avanza 1.329 cc

Perbedaan yang pertama ada pada kapasitas mesinnya yaitu tipe 1.3 dan 1.5. Untuk kapasitas mesin 1.3 biasanya menggunakan mesin 4 silinder 16 katup yang menggunakan teknologi DOHC Dual VVT-1 serta dua pilihan sistem transmisi yaitu manual dan otomatis.

Dengan mesin 4 silinder ini, mobil Avanza mampu mengeluarkan tenaga sebesar 96.5 PS per 6000 rpm dengan torsi maksimum 120 kgm per 4.100 rpm. Untuk kapasitas bensinnya memiliki tangki bensin maksimal hingga 45 liter.

Mobil Avanza dapat dimasuki oleh 7 penumpang karena panjang mobilnya 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tingginya 1.695 mm. Kapasitas ini telah menyesuaikan suspensi MacPherson Strut (depan) dan Multi-Link (belakang).

Untuk kenyamanan pengemudi, mobil Avanza memiliki ban radial berukuran 184/70 14 inci. Selain itu, stir kemudinya pun didukung dengan fitur Electric Power yang mana pengemudi dapat mengatur sesuai keinginannya melalui adjustable steering.

Spesifikasi Avanza 1.5 atau 1.496 cc

Jika di atas adalah spesifikasi mobil Avanza bertipe 1.3 cc , maka pada paragraf ini akan dijelaskan pula spesifikasi mobil Avanza bertipe 1.5 cc. Untuk panjang, lebar, dan tinggi mobil serta setir kemudi keduanya memiliki dimensi yang sama.

Namun untuk tipe 1.5 cc, mesin yang digunakan adalah 2NR-VE 4 silinder - 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. Sistem transmisinya manual dengan 5 percepatan. Selain itu, tenaga yang dihasilkan sebesar 104 ps per 6.000 rpm dengan torsi maksimum 136 kgm per 4.200 rpm.

Harga Mobil Avanza

Mobil Avanza memiliki rentang harga yang berbeda menyesuaikan dengan spesifikasinya. Harga mobil yang ditawarkan pun mulai dari 197 juta rupiah hingga 250 juta rupiah.

Servis atau Tune Up Mobil Avanza

Nah, dengan spesifikasi serta harga mobil yang tertera. Tentu dong sebagai pemilik mobil tidak ingin membuat performa mobil menurun. Oleh sebab itu, sebagai pemilik mobil Avanza, sangat perlu melakukan perawatan secara berkala agar performa mobil tetap optimal.

Bumin baru tahu lho kalau ternyata servis rutin mobil itu dilihat dari setiap jarak tempuh yang telah dilalui oleh si mobil. Karena setiap ada perbedaan jarak tempuh, perawatan yang diberikan untuk mobil pun berbeda-beda. Hal ini pun tentu akan mempengaruhi harga service yang dikeluarkan.

Harga Service AC Mobil Avanza dan Tune Up Terbaru 2023

Biasanya untuk 1000 km pertama perawatannya masih gratis. Tetapi setelah 6 bulan atau mobil telah menempuh jarak tempuh 10.000 km , pemilik mobil perlu merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah.

Service Rutin 10.000 hingga 30.000 km

Perawatan pada jarak tempuh 10.000 hingga 30.000 km, mobil Avanza biasanya akan ada penggantian oli mesin TMO 10W-40 SN, filter oli, gasket, dan balancing roda. Total biayanya sekitar Rp 497.000.

Service Rutin pada Jarak Tempuh 40.000 km

Perawatan pada jarak tempuh 40.000 km penggantian oli dan lain sejenisnya tetap dilakukan. Tetapi ada penambahan penggantian rem miyak dan filter udara. Oleh karena itu biasanya ada penambahan biaya pula hingga 1.3 juta rupiah.

Service Rutin 60.000 - 100.000 km

Perawatan pada jarak tempuh 60.000 km biasanya bengkel resmi sudah tidak memberikan fasilitas jasa perawatan lagi. Sehingga untuk jasa perawatan dibebankan pada pemilik mobil. Servis yang akan dilakukan ada pada penggantian oli mesin, filter oli, gasket oli, dan balancing roda yang biayanya mencapai 1 juta rupiah.

Namun pada jarak tempuh 80.000 km, mobil perlu mengganti spare part seperti transmisi manual sebesar kurang lebih 3 juta rupiah. Tetapi pada jarak tempeh 100.000 km perlu biaya perawatan berada di kisaran 1.3 juta rupiah.

Ketika mobil telah mencapai jarak tempuh 100.000 km, maka mobil tersebut cenderung telah mencapai usia 5 tahun penggunaan. Oleh sebab itu, biasanya saat servis 5 tahunan, mobil pun biasanya selain tune up, ganti oli, pengecekan rem, pengecekan sistem kelistrikan, dan uji emisi, biasanya direkomendasikan untuk turun mesin dan memperbaiki kondisi mobil yang mungkin ada kerusakan seperti AC.

Tune up sendiri biasanya telah dilengkapi dengan pembersihan filter AC dan filter udara. Selain itu, ada pula penggantian filter bahan bakar, pembersihan throttle body, pembersihan busi, scanning sistem injeksi, pembersihan injektor, dan pembersihan ruang bakar.

Harga Service AC Mobil Avanza

Harga Service AC Mobil Avanza biasanya berkisaran di angka 1.6 juta rupiah sudah dengan satu unit kompresor baru. Namun jika hanya servis ac ringan, harga servis AC mobil Avanza hanya dikenai seharga 200-300 ribu rupiah. Servis AC ringan biasanya hanya pembersihan debu pada elemen filtrasi atau saluran udara. Meski begitu, tentu harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Oleh karena  itu, agar tidak mengalami kondisi mobil yang rusak ataupun performa yang menurun, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil yaitu:

Merawat mesin

Mengganti spare part mobil secara berkala jika dibutuhkan

Membersihkan bagian dalam dan luar mobil secara berkala

Nah, itu dia ulasan Bumin tentang Harga Service AC Mobil Avanza dan Tune Up Terbaru 2023. Untuk artikel otomotif lainnya, teman Bumin bisa melihat artikel ini: Daftar Harga Spare Part Motor Honda BeAT FI. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.tunastoyota.com/post/total-biaya-servis-mobil-toyota-avanza

https://lifepal.co.id/media/biaya-servis-mobil-avanza/ 

https://duitpintar.com/biaya-servis-mobil-avanza/ 

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

Posting Komentar untuk "Harga Service AC Mobil Avanza dan Tune Up Terbaru 2023"