Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon, Ini Dia Langkah-Langkahnya!

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon, Ini Dia Langkah-Langkahnya!
Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon, Ini Dia Langkah-Langkahnya!

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon

Hidroponik merupakan cara menanam lebih praktis, terutama yang mempunyai keterbatasan lahan dan biasanya ditanam dengan media paralon dan air. Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon sangat mudah, namun perlu memperhatikan langkah-langkahnya supaya penanaman jadi lebih efisien.

7 Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat tanaman hidroponik dengan paralon yakni sebagai berikut:

1. Siapkan Alat dan Bahan Hidroponik Paralon

Menanam tanaman hidroponik perlu persiapan alat dan bahan yang lengkap. Berikut ini beberapa yang perlu disiapkan: 

- Paralon berdiameter 3 inci

- Penutup paralon

- Penyambung paralon

- Lem paralon

- Gergaji 

- Gelas plastik (lubangi kecil-kecil di bagian bawahnya)

- Air

- Tanaman muda yang sudah berakar dan berdaun dua

- Kerikil atau palet tanah sebagai media tanam 

2. Buat Lubang pada Pipa Paralon 

Jika alat dan bahan sudah siap langkah berikutnya yaitu melubangi paralon. Lubang sesuai dengan diameter gelas plastik dan berikan jarak sekitar 10 cm antar lubang. 

Tujuan pemberian jarak ini supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik. Sebab berdesakan satu sama lain akan membuat tanaman kerdil.

3. Tutup Kedua Ujung Paralon 

Setelah pipa diberi lubang, cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon berikutnya menutup kedua ujung dengan penutup. Apabila tidak mempunyai penutup pipa, bisa menggunakan plastik. 

Pastikan menutup ujung pipa dengan rapat. Jika tidak, resikonya akan membuat air tumpah atau bocor ke samping. 

4. Isi Paralon dengan Air

Jika pastikan penutup pipa tertutup rapat, langkah cara membuat hidroponik sederhana selanjutnya mengisi paralon dengan air. Hanya saja hindari mengisi sampai penuh, sebab kesalahan ini bisa membuat air meluap dalam gelas plastik. 

Selain air, Anda disarankan menambahkan nutrisi khusus tanaman hidroponik. Tujuannya agar tanaman dapat tumbuh subur. Sebab, tanaman yang kekurangan nutrisi bisa membuat kerdil dan gagal panen.

5. Tanam Tumbuhan dalam Gelas Plastik 

Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon, sebelum menanam bibit, isi gelas plastik dengan kerikil atau pelet tanah. Setelah itu, tinggal tanam tumbuhan ke dalam gelas tersebut. 

Baca juga: Cara mencegah banjir bandang

Pada proses penanamannya dilakukan dengan hati-hati agar bibit tidak patah daunnya atau batangnya. Sebab jika banyak bibit yang cacat tentu saja akan sangat merugikan Anda, bahkan tambah repot untuk menanam benihnya kembali. 

6. Masukkan Gelas Plastik ke Lubang Paralon

Jika tanaman sudah siap, cara membuat hidroponik menggunakan paralon langkah berikutnya memasukkan gelas plastik pada lubang paralon yang sudah dibuat. Supaya gelas plastik tidak tenggelam ke dalam lubang paralon usahakan ujungnya cukup lebar.

7. Pantau secara Berkala Volume Air dan Akar Tanaman 

Setelah Anda menanam, pada perawatannya perlu peninjauan secara berkala. Terutama untuk mengecek volume air dan akar tanaman. Memantau tumbuh kembangnya dengan baik akan segera menemukan solusi jika terjadi masalah pertumbuhan pada tanaman.

Akar merupakan unsur penyokong yang didukung dengan kualitas air pada media tanam. Makanya, jika volume air sudah terlihat berkurang langsung tambahkan kembali.

Baca juga: Masalah sampah plastik di sekolah

Namun pada saat proses pemantauan, jangan lupa mencukur akar tanaman jika terlalu lebat. Dengan begitu, tanaman hidroponik Anda dapat berkembang dengan baik. Gampang sekali, bukan cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon?

Hanya saja dalam perawatannya, Anda perlu menjaga kualitas air dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Selain itu, juga sirkulasinya, sebab oksigen dan sinar matahari juga sangat menunjang tumbuh kembang tanaman hidroponik. Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Referensi

https://www.idntimes.com/life/diy/amp/klara-livia-1/langkah-membuat-taman-hidroponik-sederhana?page=all#page-2

https://berita.99.co/cara-membuat-tanaman-hidroponik-dengan-paralon/

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon, Ini Dia Langkah-Langkahnya!"