Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Sedekah Makanan dan Sejuta Manfaatnya yang Luar Biasa

Sedekah Makanan dan Sejuta Manfaatnya yang Luar Biasa
Sedekah Makanan dan Sejuta Manfaatnya yang Luar Biasa

Sedekah Makanan

Sedekah merupakan salah satu cara kita dalam bersyukur atas segala macam rezeki yang diberikan Allah SWT dalam hidup. Sehingga orang lain yang membutuhkan pun bisa mendapatkan kebahagiaan yang sama. Salah satu bentuk sedekah yang diutamakan adalah sedekah makanan.

Inilah Manfaat yang Bisa Anda Dapat Dalam Sedekah Makanan 

Ada beberapa bentuk sedekah menggunakan makanan ini, contohnya seperti qurban, akikah, dan zakat fitrah di Bulan Ramadhan. 

Keutamaan Dalam Sedekah Makanan

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, bahwa tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya, lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai sebesar gunung atau lebih besar dari itu. Hadist tersebut merupakan hadist riwayat Muslim, nomor 1014.

Sehingga bisa disimpulkan, tidak hanya sedekah uang saja yang dilipatgandakan, tetapi sedekah makanan juga.

Nah, agar semakin semangat untuk bersedekah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapat apabila sedekah menggunakan makanan.

1. Dapat Melapangkan Pintu Rezeki Anda dan Orang-Orang Sekitar

Dengan bersedekah, Anda membukakan pintu rezeki bagi orang lain sehingga dapat meringankan beban mereka. Selain itu, untuk Anda sendiri juga dapat memberikan keberkahan rezeki. Rezeki bagi Anda bisa berupa kesehatan, ketentraman hati, keselamatan, dan lain-lain seperti yang diceritakan di kisah nyata sedekah hari Jumat maupun kisah keajaiban sedekah rutin.

2. Dapat Mempererat Tali Silaturahmi

Ketika Anda memberikan makanan kepada yang lebih membutuhkan, maka dapat membangun sebuah tali silaturahmi. Contohnya saja ketika Anda menyedekahkan makanan ke anak yatim piatu di pondok atau panti asuhan, Anda akan menjalin hubungan keakaraban baru dan berbagi dengan mereka. Sehingga secara tidak langsung, Anda mendapatkan manfaat berupa bersosialisasi dengan orang lain.

3. Dapat Melipat Gandakan Pahala

Sama seperti manfaat zakat, orang yang suka memberikan sedekah makanan juga akan diberikan pahala berlipat-lipat. Hal ini sendiri telah disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi, bahwa diumpakan orang yang menyedekahkan harta mereka di jalan Allah SWT, itu seperti tumbuh satu biji akan menumbuhkan 7 tangkai, dan setiap tangkainya akan menumbuhkan 100 biji.

4. Dapat Memberikan Ketenangan Hati

Manfaat selanjutnya dalam menyedekahkan makanan adalah mampu memberikan rasa senang, bangga, hingga ketenangan dalam hati ketika bisa berbagai dengan orang lain. begitu juga orang yang diberi akan merasakan kebahagiaan yang sama. Sehingga Anda mendapatkan manfaat berupa pikiran yang lebih positif dan rasa nyaman dan aman di hati.

5. Dapat Menghapus Dosa

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa sedekah dapat menghapuskan dosa, sebagaimana air dapat memadamkan kobaran api.

Artinya sendiri yaitu, dengan memberikan sedekah berupa makanan kepada orang yang lebih membutuhkan, maka pahala yang didapatkaan dapat menutupi dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Namun, hal ini juga harus disertai dengan penyesalan dan tobat terhadap dosa yang dilakukan sebelumnya.

6. Mendapatkan Amalan yang Tidak Pernah Putus

Sedekah menggunakan makanan juga bisa dimasukkan ke dalam tiga amalan jariyah. Amalan jariyah ini adalah sebuah amalan yang tidak akan terputus dari seseorang hingga orang tersebut meninggal dunia.

7. Mendapat Kesempatan Dibukakan Pintu Surga

Sedekah merupakan salah satu amalan terpuji, sehingga Anda bisa mendapatkan kesempatan dibukakannya pintu surga. Hal ini juga telah disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, bahwa pintu salat adalah pintu untuk orang yang rajin mendirikan salat, begitu pula orang yang gemar melakukan sedekah akan masuk dari pintu sedekah.

Program Sedekah Ibuku Content Creator

Alhamdulillah Ibuku Content Creator juga memiliki program sedekah rutin setiap beberapa bulan sekali (biasanya dilaksanakan pada peringatan hari besar Islam) untuk anak-anak yatim yang diawali dari kegiatan Tahsin al-Qur'an.

Awalnya hanya ada 10 anak yatim yang menerima donasi ini, lambat laun hingga artikel ini di publish, penerima donasi tersebut berjumlah 35 anak yatim dari berbagai kota di Indonesia.

Jika teman-teman berminat untuk berdonasi, bisa kontak admin email ibukucontentcreator@gmail.com

Semoga dari 7 manfaat sedekah makanan yang telah disebutkan di atas, kita bisa mendapatkan salah satunya dan bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain. 

Sumber:

https://manfaat.co.id/manfaat-sedekah-makanan

https://www.dream.co.id/your-story/manfaat-besar-dibalik-sedekah-makanan-180803d.html

https://islamkita.co/sedekah-uang-atau-makanan/#:~:text=Sedekah%20makanan%20adalah%20cara%20paling,orang%20yang%20pura%2Dpura%20mengemis. 

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

4 komentar untuk "Sedekah Makanan dan Sejuta Manfaatnya yang Luar Biasa"

  1. Bersedekah memang memiliki pahala yang luar biasa yah, apalagi dengan sedekah makanan

    BalasHapus
  2. manfaat sedekah banyak sekali ya, semua balik lagi manfaatnya ke yang ngasih sedekah. alhamdulillah ya IC udah bisa memberi sejuta manfaat sedekah untuk anak yatim. semoga programnya bisa terus berjalan dan semakin banyak anak yatim yang dirangkul

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, salut dengan ICC yang punya inisiasi untuk berbagi dengan anak yatim. Semoga kita semua dimudahkan rejeki dan bisa ikut berbagi makanan juga :)

    BalasHapus
  4. MasyaAllah banget ya Mba. Aku sudah merutinkan ini bareng teman komunitas namanya program senabung. Sedekah nasi bungkus tiap hari giliran urunan. Ada jadwalnya juga

    BalasHapus