Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 5 Tahunan di 2023

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 5 Tahunan di 2023
Biaya Servis Mobil Toyota Rush 5 Tahunan di 2023

Biaya Servis Mobil Toyota Rush

Siapa pembaca di sini yang masih ingat pertama kali iklan mobil Toyota Rush? Yang mobilnya dikemudikan dengan cantik di tengah kemacetan dan melewati gang ibukota? Bumin sih masih inget banget. Dulu bahkan sempat kepikir pengen punya mobil Toyota Rush. Siapa tau abis bikin artikel ini jadi kesampean ya, aamiin…

Berbicara tentang biaya servis mobil Toyota Rush 5 Tahunan, tentu ada kaitannya pula dengan spare part maupun desain mobil baik secara interior maupun eksterior. Oleh karena itu, sebelum membahas tentang biaya servis mobil Toyota Rush. Ada baiknya kita mengenal spesifikasi mobil Toyota Rush.

Spesifikasi Toyota Rush

Di Indonesia, mobil Toyota Rush hadir dalam 8 varian dengan pilihan mesin bensin berkapasitas 1496 cc. Mobil Toyota Rush di Indonesia tersedia dua transmisi yaitu manual dan otomatis. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4435 mm, 1695 mm, wheelbase 2685 mm.

Varian terbaru mobil Toyota Rush dapat menghasilkan tenaga hingga 102 hp dan torsi puncak 136 Nm serta dilengkapi dengan sistem keamanan anti theft device dan power door locks.

Harga yang ditawarkan untuk mobil Toyota Rush sendiri dibandrol mulai dari 289 juta rupiah hingga 300 juta rupiah. 

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 5 Tahunan di 2023

Pada dasarnya, biaya servis setiap mobil secara berkala adalah sama. Yaitu ditentukan dari jarak tempuh maupun usia pemakaian mobil tersebut.

0 Rupiah untuk Biaya Servis 1000km

Biaya servis mobil Toyota Rush pada bulan pertama atau pada jarak tempuh 1000 km adalah gratis. Servis yang dilakukan meliputi mesin, rangka, bodi, kaki-kaki, dan kelistrikan atau fisik mobil secara menyeluruh untuk melihat malfungsi pada setiap komponen atau biasa disebut vehicle check.

Pengecekan pada bagian mesin biasanya yang akan dicek adalah tali kipas, oli mesin, cairan pendingin mesin, pipa gas buang dan dudukannya serta baterai.

Sedangkan pengecekan di bagian bodi dan sasis mobil yang akan dicek adalah pedal kopling, pedal rem dan rem parkir, minyak rem, minyak kopling, isi cairan AC, baut-baut dan mur di bodi dan sasis, seluruh lampu, klakson, wiper dan washers, seluruh ban dan tekanan anginnya, suspensi depan dan belakang, serta minyak power steering.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 6 Bulan Pertama

Selanjutnya servis akan dilakukan ketika usia mobil menginjak 6 bulan atau ketika mobil telah menempuh jarak tempuh sebanyak 10.000 km. Estimasi biaya yang dikeluarkan sekitar kurang dari Rp 500.000,- untuk servis penggantian oli mesin, filter oli mesin, dan gasket.

Selain penggantian di atas, pengecekan fisik juga tetap dilakukan untuk mengetahui apakah ada komponen yang tidak berfungsi dan lainnya seperti pengecekan cairan pendingin mesin, busi, baterai, dan filter udara serta kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.

Pengecekan bagian bodi dan sasis pun dilakukan juga pada servis 6 bulan pertama.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 20.000 km

Kemudian pada jarak tempuh 20.000 km, biaya servis mobil Toyota Rush mencapai 1.3 juta rupiah dengan detail perawatan penggantian oli mesin, filter oli, busi, chamber clean, brake cleaner, gasket, spooring, dan balancing.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 30.000 km

Sedangkan ketika telah mencapai usia 1.5 tahun pemakaian atau mobil telah menempuh jarak tempuh 30.000 km, estimasi biaya servis mobil Toyota Rush tidak sebesar sebelumnya melainkan hanya 500 ribu rupiah. Hal ini dikarenakan penggantian komponen hanya pada penggantian oli mesin, filter oli mesin dan gasket.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 40.000 km

Selanjutnya biaya servis pada jarak tempuh 40.000 km mencapai 1 juta rupiah estimasinya. Hal ini dikarenakan pada perawatan kali ini, ada beberapa komponen mobil yang perlu diganti seperti penggantian oli mesin, filter oli mesin, oli transmisi, oli gardan, minyak rem, saringan udara, dan saringan bahan bakar.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 50.000 km

Berikutnya biaya servis mobil Toyota Rush pada jarak tempuh 50.000 km kembali menurun dengan estimasi 500 ribu rupiah karena perawatan yang dilakukan sama dengan jarak tempuh 10.000 km. Namun pada servis kali ini lah terakhir kalinya pemilik mobil Toyota Rush mendapatkan biaya jasa servis 0 rupiah.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 60.000 km

Pada jarak tempuh 60.000 km, estimasi biaya servis mobil Toyota Rush adalah 1.3 juta rupiah karena ada penggantian oli mesin, filter oli, busi, chamber clean, brake cleaner, gasket, spooring, dan balancing.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 70.000 km

Kemudian biaya servis mobil Toyota Rush yang harus dikeluarkan pada jarak tempuh 70.000 km adalah 1 juta rupiah. Biaya tersebut dikeluarkan untuk penggantian oli mesin dan filter oli. Selain itu ada pula pengecekan aki, filter AC, rem, saringan udara, emisi gas, ball joint, busi, air radiator, kemudi, rotasi ban, kaki-kaki, dan wiper.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 80.000 km

Pada jarak tempuh 80.000 km, estimasi biaya servis mobil Toyota Rush yang harus dikeluarkan adalah 2 juta rupiah untuk pengecekan maupun penggantian beberapa spare part seperti saringan udara, AC, lampu, aki, rem, ball joint, emisi gas, fan belt, dan lainnya.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 90.000 km

Kemudian pada estimasi biaya servis mobil Toyota Rush dengan jarak tempuh 90.000 km adalah dikisaran 1 juta rupiah untuk pengecekan maupun penggantian radiator, saringan udara, AC, aki, ball joint, rem, rotasi ban, dan sejenisnya.

Biaya Servis Mobil Toyota Rush 100.000 km

Pada jarak tempuh 100.000 km, biasanya mobil telah mencapai usia 5 tahun sehingga perlu turun mesin. Namun untuk biaya servis mobil Toyota Rush di jarak tempuh 100.000 km yang dikeluarkan estimasinya adalah 1.3 juta rupiah.

Nah, itu dia beberapa estimasi biaya servis mobil Toyota Rush selama 5 tahun berdasarkan jarak tempuhnya. Selain service rutin, yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil adalah pengecekan oli, ban, aki secara berkala dan mengganti air radiator serta mencuci mobil agar performa mobil tetap baik meski usia telah mencapai 5 tahun penggunaan.

Kelebihan Perawatan di Bengkel Resmi

Jika memungkinkan, setiap kali servis rutin, sebaiknya lakukan perawatan di bengkel resmi. Hal tersebut dikarenakan tentu kualitas perawatan lebih terjamin, fasilitas spare part lebih lengkap, dan tentunya bengkel resmi mobil Toyota Rush berada di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Namun tentu kehadiran bengkel mobil terdekat di lokasi saya pun dapat sangat membantu apabila terjadi kejadian tak terduga

Nah, itu dia ulasan Bumin tentang biaya servis mobil Toyota Rush 5 tahunan berdasarkan jarak tempuh yang telah dilalui oleh mobil. Artikel otomotif selanjutnya bisa teman Bumin lihat di sini: Harga service AC mobil Avanza. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.oto.com/mobil-baru/toyota/rush/spesifikasi 

https://www.carmudi.co.id/journal/biaya-servis-toyota-rush-pertimbangan-mudah-sebelum-membelinya/ 

https://toyotaastrido.co.id/estimasi-biaya-perawatan-toyota-rush/ 

https://toyotaastrido.co.id/terjangkau-berapa-biaya-servis-rutin-toyota-rush-di-bengkel-resmi/ 

https://otomotifnet.gridoto.com/read/232856830/toyota-rush-fix-dibeli-jangan-bengong-lihat-biaya-servis-setahun-di-bengkel-resmi 

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

4 komentar untuk "Biaya Servis Mobil Toyota Rush 5 Tahunan di 2023"

  1. Memiliki mobil memang harus lebih teliti dalam hal perawatan ya. Supaya mesin bisa bekerja maksimal

    BalasHapus
  2. Ternyata harga service per kilometernya beda beda yaa, jadi paham saya. biasanya sih gak perhatiin yang kayak gini, sebab biasanya ayahnya yang langganan service

    BalasHapus
  3. Lumayan ya mom ... beli mobil harus siap dengan perawatannya..betul nih aku juga suka servis di bengkel resmi

    BalasHapus
  4. Awam banget dengan masalah service mobil tapi baca artikel Bumin di atas setidaknya udah punya gambaran mengenai kisaran harganya

    BalasHapus