Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Membuat Kompos di Ember sebagai Solusi Permasalahan Limbah Dapur

Cara Membuat Kompos di Ember sebagai Solusi Permasalahan Limbah Dapur
Cara Membuat Kompos di Ember sebagai Solusi Permasalahan Limbah Dapur

Cara Membuat Kompos di Ember

Cara membuat kompos di ember bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan limbah dapur. Tak harus menggunakan lahan yang luas, simak yuk cara pembuatannya dengan peralatan di rumah! 

Cara Membuat Kompos di Ember sebagai Solusi Permasalahan Limbah Dapur

Selain bermanfaat bagi lingkungan, kompos juga bisa Anda pakai sebagai media tanam di rumah lho. Berikut bahan serta peralatan yang perlu disiapkan. 

Cara Membuat Kompos di Ember, Praktis dan Terjangkau

Cara membuat kompos di ember banyak dilakukan oleh mereka yang tinggal di lahan terbatas, seperti di perumahan dan perkotaan. Sebelum mengeksekusinya, persiapkan terlebih dulu yuk alat-alat yang diperlukan. 

1. Ember dengan penutup

2. Sarung tangan

3. Alat pengaduk

4. Air

5. EM4

6. Gula sebagai molase

7. Sampah organik yang sudah dipotong kecil-kecil. Tujuannya agar mudah hancur saat proses pengomposan terjadi. 

Namun sebelumnya kenalan dulu yuk dengan beberapa istilah yang mungkin asing. Pertama yaitu EM4 yang merupakan kepanjangan dari Effective Microorganism 4.

Larutan ini ditemukan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang. EM4 merupakan larutan yang mengandung banyak bakteri bermanfaat dari genus fotosintetik, Lactobacillus sp, Streptomyces sp, Ragi (Yeast) dan Actinomycetes. 

EM4 memiliki beragam manfaat, mulai dari memperbaiki sifat fisik, kimia hingga biologi tanah, menjaga kestabilan hasil pertanian, sebagai bahan campuran pakan ternak dan banyak lagi. 

Sementara pada cara membuat kompos di ember, EM4 akan mempercepat prosesnya. EM4 berwarna coklat dengan aroma segar. 

Sebenarnya Anda bisa membuat EM4 sendiri di rumah dengan memanfaatkan batang dan kulit pisang. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa membelinya di toko peralatan pertanian. 

Sementara itu, fungsi gula yaitu sebagai molase. Molase biasa disebut tetes tebu, merupakan produk sampingan dari penyulingan tebu sebelum menjadi gula pasir. 

Memiliki warna coklat dengan tekstur kental serta mengandung banyak vitamin yang bermanfaat, salah satunya untuk ‘memberi makan’ bakteri saat pembuatan kompos. 

Langkah Pembuatan Kompos di Ember

Nah, setelah menyiapkan peralatan yang diperlukan, berikutnya yaitu langkah pembuatan kompos. 

1. Larutkan larutan EM4 dan molase, gunakan 1 tutup larutan EM4 dan molase ke dalam 5 liter air. 

2. Semprotkan pada sampah organik yang sudah dipotong kecil. Aduk hingga merata dan tutup dengan rapat. Tambahkan pula aktivator berupa pupuk organik.

3. Aduk seminggu sekali agar sirkulasi udara lancar. Pastikan kompos dalam kondisi kering. Jika kondisi terlalu basah dapat ditambahkan serbuk kayu gergaji.

4. Ember akan menghangat tanda mikroorganisme sudah bekerja. Aduk secara teratur hingga 7-8 minggu. Pengomposan sudah selesai saat suhu kembali normal. 

Kini, Anda sudah bisa memanen kompos dan menggunakannya sebagai media tanam. Jika jumlahnya banyak, Anda bahkan bisa menjualnya lho. 

Kompos yang sudah jadi akan memiliki aroma segar mirip tanah. Dalam pembuatan kompos, mungkin Anda khawatir pada bau. Salah satu penyebab bau busuk yang muncul berasal dari tumpukan basah. 

Saat tumpukan terlalu basah maka mikroorganisme yang bermanfaat memecah tumpukan tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga akan muncul bau busuk. 

Agar hal tersebut tidak terjadi maka penting untuk melakukan pengadukan secara teratur agar mikroorganisme mendapat oksigen. Cara lain, tambahkan material coklat seperti daun kering, jerami kering hingga sobekan kardus untuk mengurangi tumpukan basah. 

Suasana lembap pada tumpukan basah biasanya juga mengundang hewan melata. Nah, mudah bukan cara membuat kompos di ember? Dengan melakukannya secara rutin maka limbah dapur bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Upaya lainnya untuk permasalahan sampah rumah tangga adalah dengan mengetahui merk clodi yang bagus sebagai alternatif pengganti pospak. Selain itu, kita juga harus mengetahui jenis-jenis plastik dan contohnya agar mengetahui cara terbaik untuk mengolahnya kembali. Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Referensi:

https://agri.kompas.com/read/2022/08/10/132800984/tidak-sulit-proses-pembuatan-pupuk-kompos-dari-sampah-organik

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/homey/read/2021/04/29/162913076/mengapa-kompos-berbau-busuk-ini-penyebab-dan-solusinya

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kompos di Ember sebagai Solusi Permasalahan Limbah Dapur"