Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Contoh Blogging untuk Semarakan Eco Literasi: Eco 3DOP ICC

Contoh Blogging untuk Semarakan Eco Literasi: Eco 3DOP ICC
Contoh Blogging untuk Semarakan Eco Literasi: Eco 3DOP ICC

Contoh Blogging

Setelah menjadi salah satu peserta Gaharu Bumi Creator Academy mewakili Ibuku Content Creator. Akhirnya Bumin membuat satu program baru berjudul Eco 3DOP ICC (Ibuku Content Creator).

Yang mana seluruh peserta diajak untuk membuat satu postingan setiap 3 hari sekali atau three days one post di media sosialnya termasuk blog personalnya yang berlangsung sejak 5 November - 5 Desember 2023.

Contoh Blogging untuk Semarakan Eco Literasi: Eco 3DOP ICC

Di project kali ini, seluruh peserta diajak untuk membuat konten yang berkaitan dengan tema lingkungan untuk meneruskan praktik baik hasil belajar dari Gaharu Bumi Creator Academy bekerja sama dengan Ashoka Indonesia dengan tagline: Merawat sosmed pribadi agar tidak sepi (postingan) dan melestarikan bumi melalui aksi eco literasi.

Ada 40 peserta yang terdaftar mengikuti kegiatan ini dan semuanya berasal dari member ICC. Dinamakan program Eco 3DOP karena program ini mengusung tema lingkungan dengan 10 kata kunci yang telah ditentukan yaitu:

Masalah sampah plastik di sekolah

Merk clodi yang bagus

Cara mencegah banjir bandang

Cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan

Jenis-jenis plastik dan contohnya

Cara membuat kompos di ember

Perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO

Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon

Memasang menstrual cup

Contoh sampah B3

10 kata kunci ini telah melalui riset dari dua tools yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci ber-cpc atau cost per click. Apabila dalam artikel mengandung kata kunci tersebut akan memunculkan iklan dari pengiklan yang jika diklik akan memberikan pundi-pundi rupiah untuk blogger yang telah terdaftar di Google Adsense.

Jika pun blogger belum mendaftarkan blognya di Google Adsense, maka dengan kata kunci ini akan membantu mempermudah proses approval. Hal ini sebelumnya sudah dibuktikan oleh Bumin yang mana saat itu blog ini hanya memiliki 30 artikel.

Namun dengan penulisan kata kunci ber-cpc, alhamdulillah proses approval Google Adsense tidak berlangsung lama langsung disetujui setelah mencoba 2x pendaftaran.

Ada pula sesi meet up daring untuk membahas seputar GA-4 bersama Teh Eka dengan para peserta Eco 3DOP ICC untuk menunjang kegiatan blogging.

Selain 10 kata kunci ini, peserta juga mendapatkan reward secara swadaya dari Ibuku Content Creator berupa buku antologi Ragam Cerita Ibuku si Content Creator yang baru saja rilis Oktober 2023. Reward diberikan pada artikel yang berhasil masuk dalam peringkat 1-5 pencarian di halaman Google.

Reward selanjutnya diberikan pula untuk artikel dengan pageview tertinggi. Meski begitu, reward ini pun bersifat subsidi. Yang mana satu peserta hanya berhak mendapatkan 1 buah buku antologi.

Untuk reward selanjutnya, hadiah dihibahkan kepada peserta lainnya yang sudah ikut berpartisipasi namun belum mendapatkan reward. Selain itu, ada pula reward donasi dari Nyipedesouvenir berupa 2 buah booksleve untuk 2 peserta yang konsisten berhasil menuliskan 10 kata kunci.

Dari ke-40 peserta, berikut adalah peserta yang berhasil mendapatkan reward buku antologi baik melalui reward peringkat di halaman pencarian ataupun reward pada pageview:

1. Karimah Iffia Rahman

2. Eka Fitriani Larasati

3. Alfi Manzilatul

10. Deris Afriani

12. Dian Kusumawardani

14. Fadmalala A.

15. Frisca Sutanto

18. Iput Pujianti

22. Meri Sahrina Daema

23. Mila Kresnawuri

24. Ni'matu Millati

27. Okti Lilis

28. R. Yola

30. Rizky Masdila 

31. Rofiatur Rofiah

32. Sendy Yunika

34. Silvana Devinta

39. Yunita Srie Wijaya

Selain itu, dari 18 peserta ini, yang berhasil menuliskan 10 kata kunci ada 5 peserta yaitu Dian, Frisca, Rizky, dan Silvana serta Karimah. Sehingga saat terakhir update data, total artikel yang terproduksi dalam kegiatan satu bulan ini ada 90 link dengan total jumlah pengunjung selama masa kegiatan Eco 3DOP ICC berlangsung sebanyak 3.038 pengunjung.

Dari 5 peserta yang berhak mendapatkan booksleve adalah Rizky dan Frisca. Selain itu, Bumin juga menambahkan reward untuk peserta yang berhasil menjadi juara umum dari setiap reward yaitu Dian berupa saldo Gopay untuk pengembangan situs.

Senang sekali akhirnya project ini selesai dan semoga bisa dilanjutkan menjadi program khusus peringatan Hari Bumi di masa yang akan datang. Sekian, semoga publikasi kegiatan ini bermanfaat dan mengundang banyak pihak untuk berkolaborasi dan bekerjasama dengan Ibuku Content Creator.

Tidak penting, tapi Bumin ingin share kalau artikel contoh blogging untuk semarakan eco literasi ini adalah artikel ke-100 sejak situs ini didesain tahun 2020. Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat, happy new year!

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

Posting Komentar untuk "Contoh Blogging untuk Semarakan Eco Literasi: Eco 3DOP ICC"