Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Biaya Service AC Mobil Bocor Mulai 300 Ribu Rupiah

Biaya Service AC Mobil Bocor Mulai 300 Ribu Rupiah
Biaya Service AC Mobil Bocor Mulai 300 Ribu Rupiah

Biaya Service AC Mobil Bocor

Sebelum mengulas artikel tentang biaya service AC mobil bocor, ada baiknya kita mengenal dulu seputar mobil.

Kelebihan Berpergian Menggunakan Mobil

Mobil merupakan moda transportasi yang saat ini digemari oleh banyak masyarakat kalangan menengah ke atas. Alasannya tentu karena mobil sampai saat ini masih menjadi kebutuhan yang tersier bagi sebagian masyarakat.

Memiliki mobil sendiri menjadi penilaian penghasilan secara materi tersendiri bagi masyarakat karena dinilai memiliki penghasilan yang lebih dari cukup.

Selain itu, untuk segi kenyamanan, berpergian dengan mobil pribadi tentunya lebih nyaman karena kapasitasnya dapat disesuaikan dengan anggota keluarga sehingga tidak perlu berdesakan.

Kenyamanan lainnya berpergian dengan menggunakan mobil adalah karena mobil dapat melindungi penggunanya dari kehujanan jika sewaktu-waktu saat berpergian hujan turun. 

Fungsi AC pada Mobil

Terakhir dengan berpergian menggunakan mobil, maka pengguna akan lebih nyaman karena biasanya pada mobil terdapat air conditioner (AC) yang dapat mendinginkan suhu ruangan sehingga terasa lebih sejuk. AC memiliki dua jenis yaitu single blower dan double blower.

Selain itu, fungsi AC pada mobil adalah untuk mengatur kelembaban, mengatur sirkulasi udara, dan mengontrol temperatur di dalam mobil yang dapat memberikan kenyamanan tersendiri pada pengguna mobil.

Namun seiring dengan durasi dan intensitas pemakaian, AC dapat mengalami penurunan kualitas seperti udara yang dihasilkan tidak sedingin sebelumnya hingga kebocoran pada AC tersebut.

Jika AC mengalami penurunan kualitas udara dari dingin menjadi tidak dingin, maka yang perlu diperhatikan adalah filter AC yang mungkin sudah banyak debu yang menempel namun jarang dibersihkan.

Oleh sebab itu, sebelum malfungsinya semakin parah, maka AC mobil harus dirawat secara berkala. Oleh sebab itu, pemilik mobil dianjurkan untuk melakukan servis mobil sesuai dengan jarak tempuhnya seperti yang tertulis di dalam artikel biaya servis mobil Toyota Rush 5 Tahunan.

Selain perawatan secara berkala, ada pula biaya yang harus dikeluarkan apabila pemilik mobil secara khusus ingin menyervis AC mobil. Untuk yang satu ini, biasanya pemilik mobil mencari harga servis sesuai dengan jenis mobilnya seperti yang tertulis pada artikel harga service AC mobil Avanza.

Sayangnya, ketika AC mobil terlanjur parah, maka hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada AC mobil. Tentu hal ini sangat menyedihkan, karena selain kualitas mobil menurun, biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Tentu biaya service AC mobil bocor memiliki nilai tersendiri karena perawatannya pun dikhususkan untuk memperbaiki kualitas AC. Namun biasanya biaya service AC mobil bocor ini dilihat dari tingkat keparahan atau kebocoran AC mobil tersebut.

Penyebab AC Mobil Bocor

Sebelum membahas tentang biaya service AC mobil bocor, kita perlu mengetahui penyebab AC mobil bocor. Biasanya hal ini dikarenakan adanya lubang atau retakan pada selang freon.

Gas atau udara pada selang freon yang seharusnya keluar dan terdistribusikan ke seluruh sistem AC terhambat sehingga menyebabkan kompresor perlu bekerja lebih keras agar dapat memompa gas yang dihasilkan freon namun sayangnya terhambat akibat lubang atau retakan tersebut. Jika dibiarkan terlalu lama, akhirnya kompresor AC rusak dan AC mobil dapat dikatakan bocor.

Ada pula penyebab lainnya yaitu mengisi freon terlalu banyak yang dapat menyebabkan kompresor mati total. Pengisian freon yang berlebihan pun dapat menyebabkan kompresor tidak mampu bekerja secara optimal dan berujung dengan kebocoran.

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan AC mobil bocor adalah terdapat sumbatan pada saluran AC, pelapis karet (seal) yang mengalami kebocoran, extra fan tidak berfungsi atau mati, hingga usia pakai AC yang terlalu intens dan terlalu tua.

Biaya Service AC Mobil Bocor

Lalu jika AC mobil sudah bocor, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki AC tersebut? Jawaban yang paling masuk akal adalah menyesuaikan dengan jenis mobil dan jenis kerusakan pada AC mobil tersebut.

Biasanya, teknisi mobil akan mengecek dulu seberapa rusak AC mobil. Setelah diketahui penyebabnya dan solusinya, biasanya teknisi akan memberikan estimasi biaya yang harus dikeluarkan dan disetujui oleh pemilik mobil.

Biaya Service AC Mobil Bocor Mulai 300 Ribu Rupiah

Berdasarkan ulasan Lifepal, biaya service AC mobil bocor mulai dari 300 ribu rupiah hingga 4 juta rupiah.

Hal ini dikarenakan jenis mobil dan kerusakan AC tersebut. Pada mobil produksi Jepang, biaya service AC mobil bocor tidak semahal jika dibandingkan dengan mobil produksi Eropa. Hal tersebut dikarenakan AC pada mobil Eropa lebih rumit komponennya jika dibandingkan dengan mobil Jepang.

Selain itu, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kerusakan AC mobil tersebut yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu kecil, sedang, dan berat.

Kebocoran kecil pada AC mobil biasanya tidak memerlukan biaya besar karena teknisi cukup memperbaiki blower, kondensor, dan juga mengganti filter kabin.

Sedangkan pada kebocoran sedang yang terjadi di AC mobil, teknisi harus memperbaiki blower, kondensor, penggantian vaccum + oli kompresor, freon, dryer filter, dan filter kabin.

Terakhir adalah apabila AC mobil mengalami kerusakan berat sehingga biaya service AC mobil bocor yang perlu dikeluarkan cukup besar karena ada banyak komponen yang harus diperbaiki dan juga diganti. Seperti perbaikan evaporator, perbaikan blower dan kondensor. Penggantian dryer filter, filter kabin, vacuum + oli kompresor hingga freonnya sendiri.

Jika freon mengalami kerusakan tersendiri, biasanya ada biaya lain yang harus dikeluarkan selain biaya service AC mobil bocor yaitu mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 400.000,-. Biaya tersebut juga belum dikenakan dengan biaya jasa teknisi tentunya.

Nah, kurang lebih, itu dia ulasan Bumin mengenai biaya service AC mobil bocor. Jika Pakbapak dan Buibu sewaktu-waktu memerlukan lokasi bengkel terdekat, Bapak Ibu bisa langsung mencari Bengkel Mobil Terdekat di Lokasi Saya. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.seva.id/blog/ac-mobil-bocor-kenali-penyebab-dan-solusinya-092022-tr/#:~:text=AC%20mobil%20bocor%20ini%20bisa,sistem%20untuk%20bisa%20mendinginkan%20mobil

https://lifepal.co.id/media/service-ac-mobil/ 

Bumin ICC
Bumin ICC Ibuku Content Creator adalah wadah para ibu yang aktif menggunakan sosial media sebagai aktualisasi bahwa seorang ibu juga bisa berkarya dan menjadi content creator

2 komentar untuk "Biaya Service AC Mobil Bocor Mulai 300 Ribu Rupiah"

  1. Sebel ya bu kalo AC mobil bocor gitu, cus langsung service aja deh, biayanya murah juga.

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih banyak informasi tentang ac mobil bocor, iya mobil Eropa biasanya lebih mahal kalo ada kerusakan di AC mobilnya. Harus selalu cek kendaraan supaya terhindar dari kerusakan2 kecil seperti AC

    BalasHapus